Jumat, 04 Januari 2019 17:13 WITA

Tiga Pemain PSM Masuk Kriteria Indra Sjafri untuk Piala AFF U-22

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Abu Asyraf
Tiga Pemain PSM Masuk Kriteria Indra Sjafri untuk Piala AFF U-22
Asnawi Mangkualam

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri mematok kriteria calon skuatnya yang bakal berlaga pada Piala AFF U-22 mendatang.

"Beda dengan Timnas U-19. Kalau timnas U-19 Indonesia kan usia muda, kalau ini beda dasarnya," kata Indra yang juga mantan pelatih Timnas U-19 kepada wartawan di Hotel Sultan Jakarta, dilansir dari Bolasport.com.

"Mereka harus ada dasarnya kompetisi. Jadi jam terbang pemain dan keterlibatan di kompetisi itu menjadi kriteria pertama. Jadi tidak ada pemain muncul tanpa profil," ucapnya.

Ia menegaskan, pemain-pemain yang bakal dipanggil juga punya kontribusi buat klubnya. Selain itu, kata Indra, berdasarkan regulasi, pemain yang dipanggil maksimal pemain kelahiran tahun 1997.

Jika merunut kriteria calon pemain yang ditetapkan Indra, ada tiga pemain PSM Makassar yang masuk dalam kriteria. Ketiganya yakni Hilman Syah (kiper), Reva Adi Utama (bek kiri), dan Asnawi Mangkualam (gelandang). 

Ketiganya memberi kontribusi terhadap prestasi PSM Makassar menempati posisi runner-up Liga 1 Indonesia 2018.

1. Hilman Syah

Hilman Syah merupakan lelaki kelahiran Kabupaten Jeneponto, Sulsel, pada 5 Mei 1997. Meski tidak bermain penuh selama musim kompetisi liga musim 2018, Hilman mampu menjawab kepercayaan pelatih di akhir musim.

Selama Liga 1, Hilman dimainkan empat kali. Menjadi pemain pengganti saat menghadapi Perseru Serui dan menjadi starter pada tiga laga terakhir PSM Makassar.

Catatan Hilman juga cukup gemilang. Dua kali clean sheet alias tanpa kebobolan saat menghadapi Bali United dan Bhayangkara FC. Dia hanya dua kali kebobolan, masing-masin satu gol saat berhadapan Perseru Serui dan PSMS Medan.

Hanya saja, saat Piala Indonesia menghadapi Persiter Ternate, Hilman kebobolan tiga kali. Namun, Hilman menjadi penyelamat timnya yang berhasil menggagalkan tiga tendangan saat adu penalti.

2. Reva Adi Utama

Bek kiri PSM Makasar punya penampilan gemilang. Bersaing ketat dengan beberapa pemain senior di posisi tersebut, Reva berhasil merebut hati sang pelatih. 

Reva yang kini berusia 22 tahun sempat dimainkan sebanyak 20 kali sebagai starter oleh Robert selama Liga 1 berlangsung dan sekali sebagai pemain pengganti. 

Reva juga sukses mencetak satu gol dan satu assist musim lalu. Golnya ke gawang Mitra Kukar musim lalu bahkan dinobatkan sebagai gol terfavorit versi pembaca Liga 1.

3. Asnawi Mangkualam

Asnawi bukan orang baru buat Indra Sjafri. Selama melatih Timnas U-19, Asnawi menjadi pilihan utama Indra pada semua level kompetisi, AFF dan Piala Asia.

Sedangkan di PSM Makassar, Asnawi yang baru berusia 19 tahun cukup mendapat tempat di tim. Asnawi selalu dipercayakan oleh Robert Rene Alberts untuk bermain.

Asnawi bermain sebanyak 14 kali. Enam kali sebagai starter dan delapan kali menjadi pemain pengganti. Asnawi juga kerap membawa perubahan di tim jika dijadikan sebagai pemain pengganti.