Jumat, 28 Desember 2018 16:13 WITA

Usai Dinonaktifkan di Komdis PSSI, Polisi Tangkap Mbah Putih

Editor: Mulyadi Abdillah
Usai Dinonaktifkan di Komdis PSSI, Polisi Tangkap Mbah Putih
Sumber Foto: Twitter @MafiaWasit

RAKYATKU.COM - Satgas Anti Mafia Bola Polri kembali menangkap anggota Komisi Disiplin (Komdis) PSSI nonaktif, Dwi Irianto. Pria yang akrab disapa Mbah Putih ini ditangkap di Yogyakarta. 

"Hari ini menangkap satu orang tersangka atas nama DR atau dikenal Mbah Putih. Ditangkap di Yogyakarta," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jumat (28/12/2018).

"Kalau sudah ditangkap berarti sudah tersangka," tegas Dedi.

Dedi mengatakan saat ini Mbah Putih sedang diperiksa oleh penyidik. Nantinya, Mbah Putih akan diterbangkan ke Jakarta.

"Saat ini tim sedang melakukan pemeriksaan dulu dan dibawa ke Satgas Anti Mafia Bola untuk dikembangkan lagi dalam rangka mengungkap secara luas jaringan mafia bola ini," ujar Dedi dilansir dari detikcom.

Dalam kasus ini, satgas telah menetapkan tiga tersangka yaitu anggota exco yang juga ketua Asprov PSSI Jateng Johar Lin Eng, Priyanto dan Anik Yuni Artika Sari. Johar berperan menentukan pertandingan sesuai dengan siapa yang menghubunginya.

Polisi menerangkan Johar kongkalikong dengan Priyanto sebagai mantan anggota komisi wasit. Mereka berdua menentukan wasit yang bisa diajak kompromi untuk sebuah pertandingan.

Sedangkan Atik diduga berperan sebagai perantara untuk menyalurkan uang dari manajer klub. Uang yang didapat kemudian dibagi-bagi dengan Priyanto dan Johar.

Terpisah, Ketua Komdis PSSI, Asep Edwin, mengatakan sudah mengambil langkah tegas mengenai dugaan keterlibatan Mbah Putih dalam pengaturan skor di Liga 3. Mbah Putih pun langsung dinonaktifkan.

"Kami sudah tidak melibatkan Pak Dwi sejak namanya ikut disebut. Jadi, kami tidak melibatkannya," ujar Asep kepada pewarta, Jumat (28/12/2018).

"Kami tentu kaget ya, nama dia disebut terlibat. Jadi tidak mungkin kami bersidang melibatkan orang yang namanya disebut," kata Asep.

Menurut Asep Mbah Putih sudah tak dilibatkan lagi dalam sidang Komdis. Tidak ada lagi tanda tangan Dwi Irianto dalam surat keputusan Komdis.

"Kesepakatan di Komdis PSSI sudah tidak melibat dia. Bisa dilihat dari SK keputusan PSMP. Sudah tidak ada tanda tangan Dwi Irianto," ujar dia. 

Loading...