Kamis, 20 Desember 2018 19:48 WITA

Eks Pemain Timnas Blak-blakan Soal Pengaturan Skor di Final Piala AFF 2010

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Eks Pemain Timnas Blak-blakan Soal Pengaturan Skor di Final Piala AFF 2010
Skuat Pemain Piala AFF 2010. Ist

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -- Pemain Persija Jakarta, Maman Abdurahman akhirnya blak-blakan atas isu yang menerpa dirinya, terkait adanya dugaan pengaturan skor pada Final Piala AFF 2010 lalu.

Kejadian tersebut kembali disoal, pasca eks Manajer Timnas Indonesia saat itu, Andi Darussalam Tabusalla (ADS), menyebut nama Maman dalam acara Mata Najwa yang ditayangkan Trans 7, pada kemarin Rabu (19/12/2018) malam.

Difasilitasi oleh Assosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), Maman akhirnya hadir dalam sesi jumpa pers, di Jakarta, pada Kamis (20/12/2018).

Dalam sesi jumpa pers tersebut, yang disaksikan lewat live streaming akun resmi @appi_info, hadir pula empat pemain Piala AFF 2010 lalu, yakni Hamka Hamzah, Firman Utina, M Nasuha dan Ponaryo Astaman, serta sang mantan manajer, ADS.

Maman yang memang sejak semalam disebut warganet, menjadi orang pertama yang melakukan klarifikasi. Baginya, opini yang berkembang sejak semalam begitu merugikan nama baiknya.

"Yang seolah-olah saya terlibat dalam pengaturan skor Piala AFF 2010 lalu. Dengan ini saya menyatakan dan menegaskan bahwa hal itu tidak benar. Sebagai tindak lanjutnya, saya bersedia bekerja sama dengan Satgas yang dibentuk oleh Kapolri untuk mengusut sampai tuntas kejadian ini," kata Maman.

Lebih lanjut dijelaskan Maman, kejadian gol pertama Leg 1 final, yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, dianggap sebagai kesalahannya. 

Loading...

"Iya, betul bahwa itu kesalahan saya sehingga terjadi gol. Tapi bukan kesalahan dalam arti sudah diatur sebelumnya. Tapi itu kesalahan saya sebagai pemain dan sebatas kesalahan teknis. Saya akui bahwa saya melakukan kesalahan pada saat itu, tapi itu murni kesalahan teknis dari saya, bukan sudah diatur seperti yang dituduhkan dan tersebar di media sosial," jelasnya.

ADS pun menanggapi. Menurutnya, pada tayangan Mata Najwa, nama Maman memang tidak pernah disebutkan sebagai orang yang "main mata" dengan mafia sehingga terjadinya gol. 

"Dan saya katakan pada saat malam itu, saya tidak punya bukti," tutur ADS yang mengenakan baju merah.

Sementara itu, Hamka Hamzah berkomitmen untuk membantu satgas yang dibentuk Kapolri untuk membatu menyelesaikan persoalan ini. Katanya, ia bersedia dipanggil kapan pun untuk dimintai keterangan, sehingga tak ada isu atau fitnah yang tersebar.

Ia pun berjanji, kepada media massa (online) dan akun-akun media sosial yang memfitnah dirinya, akan dipolisikan, jika pada akhirnya dirinya tidak terlibat dalam kasus pengaturan skor yang dituduhkan.

"Saya akan laporkan itu semua. Biar sampai habis uang saya," tegas Hamka geram.

Loading...
Loading...