Kamis, 20 Desember 2018 07:15 WITA

Dituduh Terlibat Pengaturan Skor, Hamka Hamzah Marah dan Ancam Warganet

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Abu Asyraf
Dituduh Terlibat Pengaturan Skor, Hamka Hamzah Marah dan Ancam Warganet
Hamka Hamzah

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Pengakuan mantan Manajer Timnas Andi Darussalam Tabusalla tentang pengaturan skor di final Piala AFF 2010 jadi liar. Hamka Hamzah dan Maman Abdulrahman jadi tertuduh.

Sejumlah warganet langsung melontarkan hujatan dan sindiran ke kolom komentar akun Instagram kedua mantan bek Timnas AFF 2010 tersebut. Hamka Hamzah pun langsung menanggapi serbuan warganet pada Rabu malam (19/12/2018).

Warganet ramai-ramai berkomentar karena Hamka dituding sebagai pelaku "main mata" saat final leg I Piala AFF 2010 lalu. Kala itu, Indonesia yang berhadapan dengan Malaysia, kalah telak 0-3. Padahal, pada babak penyisihan, Indonesia berhasil menang besar dengan skor 5-0.

Kecurigaan itu bermula saat eks direktur Badan Liga Indonesia, Andi Darussalam Tabusalla angkat bicara soal match fixing atau pengaturan skor di acara Mata Najwa yang disiarkan oleh Trans 7.

ADS yang saat itu berstatus manajer Timnas Indonesia menyebut bahwa kekalahan tersebut menimbulkan kecurigaan besar. Bahkan, ADS mendapat informasi bahwa ada pemain timnas yang ditengarai mendapat sogokan oleh oknum mafia dari Malaysia. 

ADS sempat menyebut kesalahan Maman Abdurahman sehingga pemain Malaysia mencetak gol pertama. Namun, dia tidak secara tegas menyebut bahwa Maman ikut terlibat dalam dugaan pengaturan skor tersebut.

Usai pengakuan ADS, warganet langsung mengepung kolom komentar akun Instagram Hamka Hamzah dan Maman Abdulrahman. 

Tak mau terpojokkan, Hamka pada Kamis dini hari (20/12/2018) langsung mengunggah sebuah cuplikan gambar kesebelasan Timnas AFF 2010 lalu.

Loading...

Dalam keterangan gambarnya, pemain yang familiar dengan nomor punggung 23 tersebut, berusaha membantah. Ia meminta kepada warganet untuk bersabar menunggu putusan resmi, soal kasus tersebut. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Salam INDONESIA Buat Teman2 dan sodara2 semua disini saya ingin menyampaikan sebagai bagian pemain AFF 2010, mari semua bersabar menunggu bukti2 yg akan diserahkan ke SATGAS KEPOLISIAN ttg indikasi penerimaan suap. Jgnlah menghujat dan berfikiran negatif dulu kepada kami squad AFF 2010 sambil menunggu bukti yang kongkrit,Karena itu berdampak besar kepada kami dan keluarga besar kami semua. Mari kita tunggu sama2 kelanjutan dr SATGAS KEPOLISIAN. Kami semua mengutuk apabila ada yg menerima suap di AFF 2010, karena kami berjuang betul2 untuk NEGARA..Tp kalau memang terbukti ada yg menerima, maka HUKUM HUKUM HUKUM Akan Memproses itu semua. SALAM INDONESIA

A post shared by Hamkahamzah23 (@hamka23hamzah) on

Postingan Hamka kontan mendapat reaksi. "Alahhhh udah kebaca liat permainan nya aja begitu dari cara marking, pressing,  rebut bolaa nya kaya maen ps bintang 3 hahahaya," tanggap akun @mas.eggy 

Hamka langsung menimpal, "@mas.eggy sampai saya tdk terbukti siap2 saya akan buat kamu masuk jeruji besi."

Namun, tak sedikit juga yang mendukung postingan Hamzah. 

"Respect Capt @hamka23hamzah jika nantinya memang benar terbukti kepada salah satu pemain di Squad AFF 2010 kita kutuk 7 keturunan dari yang menerima suap untuk tidak bisa andil bermain dan menonton sepak bola di Indonesia dan hukuman yang seberst-beratnya karena dia sudah tidak menghargai lambang garuda di dada," kata akun @phaiechie_aja.
 

Loading...
Loading...