Selasa, 18 Desember 2018 13:37 WITA

Cuma 1 Pemain PSM Makassar Masuk Tim Terbaik Liga 1 2018

Editor: Mulyadi Abdillah
Cuma 1 Pemain PSM Makassar Masuk Tim Terbaik Liga 1 2018
Foto: Dok Rakyatku

RAKYATKU.COM - Tim TSG (Technical Study Group) merilis Tim Terbaik Liga 1 2018. Siapa saja?

Pemain dari tim terbaik tersebut berasal dari enam klub. Masing-masing Persija Jakarta, Madura United, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, PSM dan Barito Putera.

Ada tiga pemain dari Persija Jakarta, masing-masing dua pemain dari Madura United, Persib Bandung dan Persebaya Surabaya dan masing-masing satu pemain dari PSM dan Barito Putera.

Komposisi Tim Terbaik Liga 1 2018:
Kiper: Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta)
Defender: Alfath Fathier (Madura United FC), Fachrudin Aryanto (Madura United FC), Hansamu Yama (PS Barito Putera), Ardi Idrus (Persib Bandung)
Midfielder: Riko Simanjuntak (Persija Jakarta), Willem Jan Pluim (PSM Makassar), Rohit Chand (Persija Jakarta), Osvaldo Haay (Persebaya Surabaya)
Striker: Jonathan Bauman (Persib Bandung), David Da Silva (Persebaya Surabaya)

Tim TSG juga sebelumnya telah mengumumkan beberapa nominasi penghargaan lain seperti pemain terbaik, pelatih terbaik dan pemain muda terbaik pada musim ini.

Pelatih Persija Jakarta, Alessandro Stefano Cugurra Rodrigues terpilih sebagai pelatih terbaik. Pelatih asal Brasil berusia 44 tahun ini menyingkirkan dua kandidat lain, yaitu Robert Alberts (PSM Makassar) dan Mario Gomez (Persib Bandung).

Teco (sapaan Cugurra), berhasil membentuk karakter tim Persija pada musim ini. Selain berhasil membawa Macan Kemayoran juara Liga 1, Teco juga sukses merebut dua trofi turnamen pra musim, termasuk Piala Presiden 2018.

Anak asuh Teco, Rohit Chand juga berhasil meraih predikat sebagai pemain terbaik musim ini. Pemain 26 tahun asal Nepal tersebut menyingkirkan kandidat lainnya, Willem Jan Pluim (PSM Makassar) dan David Aparecido da Silva (Persebaya Surabaya).

Musim ini, Rohit menjadi pilar penting di lini tengah Persija. Bermain 31 laga, tiga gol dan dua assist mampu dicatatkan oleh pemain berpostur 178 cm ini pada ajang Liga 1 2018.

Rohit Chand bergabung dengan Persija pada periode 2013-2015 dan mulai tahun 2017 hingga sekarang. Tahun ini merupakan musim terbaiknya bersama Macan Kemayoran.

Sementara itu Tim TSG memberikan gelar pemain muda terbaik Liga 1 2018 kepada gelandang serang Persebaya Surabaya, Osvaldo Ardiles Haay. Valdo berhasil menyingkirkan Hansamu Yama Pranata (PS Barito Putera) dan Febri Hariyadi (Persib Bandung).

Valdo sukses menunjukkan penampilan konsisten pada musim ini. Jika musim lalu mencatatkan 22 penampilan (6 gol dan dua assist) bersama Persipura Jayapura, Valdo musim ini bermain 21 pertandingan dan suskes mencetak 10 gol serta dua assist.