Kamis, 06 Desember 2018 06:30 WITA

Duo Belanda Milik PSM Masuk Nominasi Pelatih dan Pemain Terbaik

Penulis: Syukur
Editor: Abu Asyraf
Duo Belanda Milik PSM Masuk Nominasi Pelatih dan Pemain Terbaik
Wiljan Pluim layak menjadi pemain terbaik Liga 1 musim 2018.

RAKYATKU.COM - Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts bepeluang menjadi pelatih terbaik Liga 1 musim 2018. Sementara gelandang Willem Jan Pluim punya kans menjadi pemain terbaik.

Duo Belanda itu masuk nominasi yang diumumkan PT Liga Indonesia Baru. Jika PSM tampil sebagai juara musim ini, Robert dan Pluim kemungkinan akan melengkapi gelar tersebut.

Khusus pemain terbaik, PT Liga membagi dua kategori, yakni pemain terbaik dan pemain muda terbaik. Khusus daftar kandidat pemain terbaik, didominasi pemain asing. Nominator ditentukan Technical Study Group (TSG).

Pluim bersaing dengan gelandang Persija Jakarta asal Nepal, Rohit Chand dan bomber Persebaya Surabaya, David da Silva.

Kriteria penting untuk masuk kandidat adalah pemain tersebut penampilannya harus konsisten pada level tertinggi, menjadi role model di dalam tim, menonjol, dan memiliki jiwa kepemimpinan.

Sementara untuk pemain muda terbaik musim ini, daftar tersebut dihuni Osvaldo Haay dari Persebaya, kapten sekaligus stoper Barito Putera, Hansamu Yama, dan winger belia Persib Bandung, Febri Hariyadi.

"Sama dengan penentuan kandidat pemain terbaik, di kategori kandidat pelatih dan pemain muda terbaik, banyak pertimbangan yang harus kami perhatikan. Semuanya tak mudah dan prosesnya panjang," jelas Sudirman, salah seorang founder TSG.

Selain Sudirman, tokoh-tokoh lain ada di TSG, yakni Danurwindo, Mundari Karya, dan praktisi sepak bola, Ganesha Putera.

Dari jajaran pelatih, Robert bersaing dengan Mario Gómez (Persib) dan pelatih asal Brasil yang sukses membawa Persija bersaing di jalur juara, Stefano Cugurra 'Teco'.