Kamis, 06 Desember 2018 04:00 WITA

Malaysia Tunggu Vietnam atau Filipina di Final Piala AFF 2018

Penulis: Syukur
Editor: Abu Asyraf
Malaysia Tunggu Vietnam atau Filipina di Final Piala AFF 2018
Laga antara Thailand dan Malaysia di Piala AFF 2018.

RAKYATKU.COM - Malaysia hanya perlu hasil imbang saat melawat ke Thailand untuk lolos ke final AFF 2018, Rabu (5/12/2018). Hasil seri 2-2 itu sudah cukup mendekatkan tim berjuluk Harimau Malaya untuk meraih trofi.

Malaysia lolos ke final Piala AFF 2018 karena bisa mencetak gol saat tandang. Sebelumnya, pada leg pertama, Malaysia ditahan imbang 0-0 di kandangnya, di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Thailand sebenarnya unggul terlebih dahulu pada menit ke-21 setelah pemain belakang Malaysia, Irfan Zakaria, mencetak gol bunuh diri. Tertinggal satu gol, Malaysia tidak mencoba bermain bertahan melawan Thailand. 

Usaha itu membuahkan hasil pada menit ke-28 lewat gol dari Syahmi Safari. Syahmi Safari melepaskan tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti Thailand dan tidak mampu diatasi kiper lawan. 

Pada babak kedua, Thailand kembali unggul lewat gol yang dicetak Pansa Hemviboon di menit ke-63. Gol itu tercipta setelah salah satu pemain Thailand melepaskan tendangan bebas dan membentur tiang gawang Malaysia, lalu disundul Pansa Hemviboon. 

Memasuki menit ke-70, Malaysia berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi Norshahrul Talaha. Menerima umpan mendatar dari rekannya, Norshahrul Talaha langsung melepaskan tendangan keras di dalam kotak penalti Thailand. Thailand sebenarnya mendapatkan tendangan penalti pada menit ke-90+4. 

Tendangan penalti yang diambil oleh Adisak Kraisorn meninggi di atas gawang Malaysia. Dengan hasil ini, Malaysia berhak melaju ke final Piala AFF 2018 dan tinggal menunggu lawannya antara Vietnam atau Filipina yang baru bertanding pada Kamis (6/12/2018).