Senin, 03 Desember 2018 18:44 WITA

Resmi, UEFA Gelar Kompetisi Kasta Ketiga

Editor: Nur Hidayat Said
Resmi, UEFA Gelar Kompetisi Kasta Ketiga

RAKYATKU.COM, DUBLIN - UEFA resmi menyetujui pembentukan kompetisi kasta ketiga di Eropa untuk siklus kompetisi 2021-2024. Hal itu sesuai hasil Rapat Komite Eksekutif UEFA di Dublin, Minggu (2/12/2018).

Saat ini sudah ada dua kompetisi Eropa yang berlangsung, yakni Liga Champions dan Liga Europa. Ada 80 tim terlibat dalam kompetisi ini. Nah, UEFA berencana mereduksi Liga Europa yang belakangan prestise-nya dianggap menurun. 
Bila saat ini babak kualifikasi Liga Europa diikuti 48 klub, maka nantinya akan dikurangi menjadi 32 tim saja.

"Kompetisi inklusif berarti lebih banyak pertandingan untuk lebih banyak klub peserta dan lebih banyak asosiasi," kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin di situsresmi UEFA.

Kompetisi baru akan bertajuk Liga Europa 2. Bakal melibatkan 32 kontestan di babak penyisihan grup. Delapan grup akan dihuni empat tim menuju fase gugur.

Liga Europa 2 bakal menghadirkan 141 laga dan menghabiskan waktu 15 pekan. Tim juara kompetisi baru ini nantinya berhak lolos ke Liga Europa pada musim berikutnya.

Selain membuka kesempatan kepada klub-klub lain, UEFA juga berencana untuk meningkatkan profit sekaligus menampung lebih banyak klub-klub Eropa melalui beragam kompetisi.