Minggu, 02 Desember 2018 19:00 WITA

PSM Makassar Bisa Saja Ongkang-ongkang Kaki, Bisa Pula Dibuat Gigit Jari

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Nur Hidayat Said
PSM Makassar Bisa Saja Ongkang-ongkang Kaki, Bisa Pula Dibuat Gigit Jari
Official training PSM Makassar di Stadion PTIK, Jakarta, Minggu (2/12/2018). (Foto: Ofisial PSM Makassar).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PSM Makassar bisa saja ongkang-ongkang kaki dalam perebutan gelar juara Liga 1 2018. Tanpa harus menunggu laga pemungkas, Pasukan Ramang bisa lebih cepat mengunci gelar juara.

Syaratnya ada dua. Pertama, tim asuhan Robert Alberts juara pada pekan ke-33 Liga 1 2018 yang ditentukan laga Bali United menjamu Persija Jakarta di Stadion I Wayang Dipta Gainyar, Minggu (2/12/2018) malam ini. Langkah PSM akan terbantu bila Laskar Serdadu mengalahkan Macan Kemayoran.

Bali United akan tampil tanda Widodo Cahyono Putro yang memilih mengundurkan diri. Namun, kehadiran Stefano Lilipaly akan menjadi "jimat" pada laga ini.

Tanpa Lilipaly, Bali United menelan tiga kekalahan beruntun. Kalah 0-1 dari Persipura Jayapura, tumbang 2-5 dari Persebaya Surabaya, dan takluk 0-4 di kandang PSM dalam tiga laga beruntun. Melawan Persija bisa jadi kesempatan Bali United bangkit dari keterpurukan.

Syarat kedua, PSM harus menang saat bertandang ke markas Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Senin (3/12/2018). PSM berpeluang mengemas 60 poin. Jumlah itu tak akan terkejar lagi oleh Persija dengan 56 poin andai kalah dari Bali United.

Loading...

Biar begitu, PSM juga bisa dibuat gigit jari. Bukanlah perkara mudah menghadapi The Guardians, khususnya saat main di kandang.  Mereka nyaris tanpa kekalahan saat bermain di depan pendukung setianya.

Dalam 15 laga kandang, mereka mencatatkan 7 kali menang, 7 imbang, dan hanya 1 kali kalah. Satu-satunya tim yang berhasil mengalahkan Bhayangkara di kandang adalah Persib Bandung dengan skor 2-1.

Di sisi lain, PSM memiliki rekor buruk dengan menderita 6 kekalahan, 6 kali imbang, dan hanya 4 kali menang dalam 16 laga tandang mereka sejauh ini. 

Loading...
Loading...