Kamis, 29 November 2018 20:42 WITA

Wali Kota Makassar Dukung FORBES Buat Kompetisi Sepak Bola U-18

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Adil Patawai Anar
Wali Kota Makassar Dukung FORBES Buat Kompetisi Sepak Bola U-18

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto bersedia mendukung sepenuhnya gelaran Turnamen Sepak Bola U-18 218 yang akan digelar oleh Forum Bersama (FORBES) Wartawan Olahraga Makassar di Lapangan Karebosi pada 9-30 Desember. Turnamen ini bernama Sulsel Supoer League (SSL).

Kepastian dukungan orang nomor satu di pemerintah Kota (Pemkot) Makasar itu disampaikan saat panitia penyelenggara yang dipimpin Ketua Panitia Pelaksana, Sri Syahril menemui Danny di kediamannya di Jalan Amirullah, pada Kamis (29/11/2018) sore. 

"Pemkot Makassar siap mendukung sepenuhnya kegiatan ini,” tegas Danny Pomanto, di hadapan sejumlah panitia penyelenggara, dalam catatan tertulis yang diterima Rakyatku.com.

Pada tahun 2016 lalu, turname SSL melahirkan sejumlah pemain berbakat yang saat ini berkiprah di sejumlah klub Liga 1 dan Liga 2 Liga Indonesia 2018. 

"Turnamen ini merupakan bentuk kepedulian Wartawan olahraga Makassar terhadap pembinaan olahraga di Sulawesi Selatan, khususnya cabang sepak bola. Event ini juga ditujukan untuk menambah jam terbang sekaligus wadah untuk unjuk kemampuan pemain muda Sulsel," kata Ketua Panitia penyelenggara, Sri Syahril, Kamis (29/11/2018).

Sri Syahril merujuk hasil penyelenggaraan SSL yang pertama. Ada sejumlah pemain yang berkiprah di SSL saat ini bermain di klub Liga 2 dan Liga 1. Bahkan ada yang berlabel pemain tim nasional. 

Yang paling menonjol adalah Irfan Jaya yang saat ini bermain di Persebaya Surabaya dan menjadi pilar di tim nasional Piala AFF 2018. Ia juga satu-satunya anak Makassar yang masuk dalam skuad Timnas di Asian Games 2018.

"Yang membanggakan kami adalah, sukses tim sepakbola Sulsel meraih medali perak di PON Jabar 2016 tak lepas dari kontribusi pemain alumni SSL yang pertama," timpal Agus Nyoba, wartawan salah satu harian nasional di Makassar. 

Khusus pada penyelengaraan SSL 2018,  telah diundang sejumlah klub yang ada di Sulsel untuk berpatisipasi.

"Sudah puluhan klub yang berkomitmen ikut. Tapi, kami sengaja membatasinya menjadi 16 klub," tambah Abdi Satria,  salah satu wartawan olahraga senior di Makassar. 

Pada SSL 2016, klub Bosowa Semen berhasil menjadi juara sekaligus meraih piala bergilir. Seperti pada penyelenggaraan sebelumnya, FWOM juga membentuk tim independen untuk memantau pemain. 

"Anggota tim itu adalah mantan pemain yang berpengalaman menilai kemampuan pemain. Kami jamin tim ini akan berlaku fair karena FWOM juga ikut membantu memantau," tegas Sri.

Ia berharap, SSL 2018 kembali melahirkan pemain andal yang bisa membela PSM Makassar atau klub liga lainnya.

"Kami ingin melahirkan Irfan Jaya baru dari turnamen ini,"  katanya.