Kamis, 29 November 2018 10:34 WITA

'Stadion Vagina' untuk Piala Dunia 2022 Qatar Mulai Terbentuk

Editor: Suriawati
'Stadion Vagina' untuk Piala Dunia 2022 Qatar Mulai Terbentuk
Stadion Al-Wakrah akan selesai pada tahun 2019

RAKYATKU.COM - Salah satu stadion baru yang sedang dibangun untuk Piala Dunia 2022 di Qatar, yang dijuluki 'stadion vagina', sudah mulai terbentuk.

Pembangunan stadion berkapasitas 40.000 tempat duduk ini diperkirakan akan selesai pada 2019, tiga tahun sebelum turnamen dimulai. Itu terletak di pelabuhan Al-Wakrah,dan nama resminya adalah Stadion Al-Wakrah.

Stadion ini adalah salah satu desain terakhir arsitek Inggris, Dame Zaha, yang meninggal mendadak karena serangan jantung pada tahun 2016, di usia 65 tahun.

Di antara karya-karyanya yang lain adalah Aquatics Centre di Olimpiade London 2012, MAXXI Museum di Italia, dan Opera House Guangzhou di China.

Ketika desain Stadion Al-Wakrah pertama kali dirilis pada tahun 2013, desainernya mengatakan bahwa itu terinspirasi oleh bentuk aliran perahu dhow, kapal untuk menyelam dan memancing mutiara Arab.

Loading...

Namun gambar-gambar itu menjadi viral karena para komentator menyatakan bahwa stadion itu lebih tampak seperti bagian pribadi seorang wanita. Dan itu membuat Dame Zaha marah.

'Stadion Vagina' untuk Piala Dunia 2022 Qatar Mulai TerbentukStadion Al-Wakrah, yang berjarak 12 mil selatan ibukota  Doha, dirancang untuk mencegah panas dan juga akan menggunakan teknologi AC baru yang revolusioner yang akan menurunkan suhu hingga sekitar 72F untuk para penonton dan pemain.

Selain stadion Al-Wakrah, Qatar sedang membangun delapan stadion untuk 32 tim Piala Dunia, meskipun bos FIFA Gianni Infantino mengatakan dia ingin memperluas turnamen itu jadi 48 tim.

Loading...
Loading...