Selasa, 20 November 2018 17:46 WITA

Timnas Jerman Bobrok, Guardiola Dituding Biang Kerok

Editor: Nur Hidayat Said
Timnas Jerman Bobrok, Guardiola Dituding Biang Kerok
Pep Guardiola. (Foto: Fox Sports)

RAKYATKU.COM - Performa tim nasional Jerman kini sedang bobrok. Eks pemain Der Panzer (julukan timnas Jerman), Hans Peter Briegel, menuding Pep Guardiola sebagai biang kerok. 

Brigel menilai filosofi sepak bola yang diusung Guardiola berada di belakang krisis timnas Jerman saat ini.

Pada Piala 2018 di Rusia lalu, Jerman tersingkir lebih awal. Berstatus juara Piala Dunia 2014, mereka jadi juru kunci Grup F, di bawah Swedia, Meksiko, dan Korea Selatan. 

Dan, semenjak itu penampilan tim tak pernah terlihat meyakinkan. Di UEFA Nations League 2018/2019, Jerman terdegradasi ke Liga B setelah menjadi juru kunci Grup 1 di bawah Belanda dan Prancis.

Pada laga teranyar, Jerman diimbangi Belanda di laga pemungkas Grup 1 UEFA Nations League di Veltins-Arena, Selasa (20/11/2018) dini hari Wita.

Pada laga ini Jerman sesungguhnya unggul 2-0 lebih dahulu lewat gol Timo Werner dan Leroy Sane di babak pertama. Akan tetapi, Belanda kemudian membalas di babak kedua lewat aksi Quincy Promes 85 dan Virgil Van Dijk 

"Ini kesalahannya (Guardiola), dia menipu kami dengan mengatakan bahwa dengan memiliki 75 persen penguasaan bola, cukup untuk menang," kata Briegel dilansir Marca.

"Tapi itu tidak benar. Dalam sepak bola, hasil jauh lebih penting daripada mengendalikan permainan. Memiliki bola tidak cukup untuk menang, Prancis memberi indikasi yang jelas tentang itu, dengan memenangkan Piala Dunia 2018."

"Bahkan, Anda dapat menang dengan kembali ke gaya bermain yang lebih tradisional, yang penting bukanlah kualitas sepak bola tetapi memiliki keseimbangan."