Minggu, 11 November 2018 09:01 WITA

Robert Ungkap Alasan Pasang Lima Bek saat Hadapi Persebaya

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Abu Asyraf
Robert Ungkap Alasan Pasang Lima Bek saat Hadapi Persebaya
Wiljan Pluim berjibaku dengan pemain Persebaya, Sabtu malam (10/11/2018).

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - PSM Makassar takluk di Stadion Gelora Bung Tomo menghadapi tuan rumah Persebaya Surabaya dengan skor telak 3-0, pada Sabtu malam (10/11/2018).

Pada babak pertama, pelatih Kepala PSM Makassar, Robert Rene Albert memainkan lima bek. Hal yang jarang dilakukan selama ini.

Robert punya alasan. Katanya, dengan absennya lima pilar utama, seperti Reva Adi Utama, Marc Klok, Asnawi Mangkualam, Rizki Pellu, dan Alessandro Ferreira, memaksanya untuk melakukan hal itu.

"Jadi opsi yang kita ambil adalah bertahan (di awal-awal permainan)," ujar Robert, dalam sesi jumpa pers usia pertandingan.

Robert berkata, starategi awal yang dilakukan memang, menahan Persebaya untuk 30 menit awal, agar tidak mencetak gol. Katanya, itu berhasil dilakukan, sebelum Steven Paulle melakukan blunder di menit ke-40, yang membuat Yohanes Pahabol menggetarkan jala gawang yang dijaga Rivki Mokodompit.

"Jadi targetnya adalah paling tidak mereka tidak mencetak bola di 30 menit pertama dan kita berharap, setelah 30 menit itu kita bisa membalikkan keadaan. Namun faktanya kita tidak bisa melawan dan memprediksikan bahwa ada pemain kita yang melakukan kesalahan," ujar Robert.

Selain itu, ia pun menilai, lini tengah anak asuhnya tidak berjalan maksimal. Utamanya peran Wiljan Pluim yang kerap menjadi motor serangan Juku Eja.

"Mungkin karena dia kurang koordinasi dengan pemain di lini tengah (Arfan dan Rasyid)," jelasnya.

Pluim memang dibuat tidak berkutik oleh para pemain Persebaya Surabaya. Selain mendapat pengawalan yang begitu ketat, Pluim seolah kehilangan tandem, tanpa hadirnya Marc Klok dan Rizki Pellu.