Jumat, 09 November 2018 19:48 WITA

Piala AFF 2018

Timnas Tanpa Pemain PSM, Robert Merasa Tertantang

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Mulyadi Abdillah
Timnas Tanpa Pemain PSM, Robert Merasa Tertantang
Robert Rene Alberts

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Timnas Indonesia akan menjalani laga perdananya di Piala AFF 2018, menghadapi tuan rumah Singapura, di Stadion National, malam ini (9/11/2018).

Pelatih Kepala PSM Makassar, Robert Rene Albert mendoakan, agar Timnas Indonesia mendapat hasil yang positif dalam pertandingan nanti dan pada turnamen se-Asia Tenggara ini. Meski, katanya, tanpa ada pemain PSM Makassar dalam skuatnya.

"Namun saya tetap mengharapkan yang terbaik kepada timnas pada pertandingan malam ini," ucap Robert, dalam sesi jumpa pers, jelang pertandingan Persebaya Surabaya vs PSM Makassar, pada besok (10/11/2018).

"Karena semua pelatih yang berada dalam satu liga atau negara, mempunyai misi untuk meningkatkan kualitas para pemain di klubnya masing-masing. Kalau para pelatih memproduksi para pemain-pemain yang berkualitas, itu sebuah keuntungan buat timnas nantinya," papar Robert.

Kendati demikian, lagi-lagi Robert menyebut, hal ini langka dalam sepak bola. Sebab, PSM yang konsisten berada di papan atas klasemen selama musim ini berlangsung dan berada di posisi puncak saat ini, tidak ada yang dipanggil membela Timnas.

"Tetapi apa yang saya ingin tunjukkan adalah kekuatan dari tim saya, yang notabene tidak ada pemain di timnas atau belum terlalu baik untuk timnas, namun bisa menunjukkan sesuatu," jelas Robert. 

"Seperti mungkin pada saat Leicester City menjuarai Liga Inggris, pada saat itu tidak ada pemainnya yang berada di timnas (pada saat musim liga dimulai). Jadi tidak ada yang perlu disalahkan, tapi ini tidak pernah terjadi sebelumnya di sepak bola," tutur pelatih berkebangsaan Belanda tersebut.