Jumat, 09 November 2018 15:44 WITA

Fokus dan Disiplin Jadi Perhatian PSM Makassar Tantang Persebaya Surabaya

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Nur Hidayat Said
Fokus dan Disiplin Jadi Perhatian PSM Makassar Tantang Persebaya Surabaya
Pelatih PSM Makassar, Robert Alberts (kanan), didampingi Zulkifli Syukur saat sesi jumpa pers, Jumat (9/11/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pelatih PSM Makassar, Robert Alberts, telah mewanti-wanti anak asuhnya untuk fokus dan disiplin saat bertanding menghadapi tuan rumah Persebaya Surabaya, di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (10/11/2018) besok.

Robert mengakui, Persebaya adalah salah satu tim yang kuat di Liga 1 Indonesia. Apalagi, kata Robert, skuat Bajul Ijo, julukan Persebaya, merupakan tim yang paling banyak mencetak gol selama musim ini.

"Apalagi Persebaya juga berhasil mengalahkan tim-tim besar di kota ini. Jadi kita harus fokus dan disiplin soal bagaimana melakukan pendekatan menghadapi pertandingan besok," ujarnya, dalam sesi jumpa pers, Jumat (9/11/2018).

Kehilangan lima pilar utamanya, yakni Mark Anthony Klok (akumulasi kartu), Rizky Pellu (sanksi PSSI), Reva Adi Utama (akumulasi kartu), Asnawi Mangkualam (akumulasi kartu), dan Alessandro Ferreira (dipanggil Timnas Hong Kong), dianggap Robert adalah hal yang wajar dalam sebuah tim.

Menurutnya, kehilangan sejumlah pemain andalan, harus diatasi oleh pelatih. "Dan pemain yang akan terpilih menggantikan pemain itu (absen), adalah mereka yang mendapat kepercayaan dari saya dan mereka tahu apa yang harus mereka lakukan," ujarnya.

Sementara itu, Zulkifli Syukur juga mengakui, Persebaya adalah tim yang hebat apalagi bermain di hadapan dukungan para ribuan suporternya. 

"Tapi bukan berarti kami tidak bisa mengambil hasil di Surabaya. Kami juga pasti akan bekerja keras," tegas Zulkifli.

Selain itu, misi tiga poin yang dibawa ke Surabaya menjadi tambahan motivasi tim. Sebab, kata Zulkifli, poin yang bisa direbut di markas Persebaya akan menguatkan posisi PSM di klasemen liga saat ini.