Kamis, 08 November 2018 15:32 WITA

Hitung-hitungan Klub yang Lolos ke Fase Gugur Liga Champions

Editor: Mulyadi Abdillah
Hitung-hitungan Klub yang Lolos ke Fase Gugur Liga Champions
Sumber Foto: GETTY

RAKYATKU.COM - Fase grup Liga Champions musim 2018/2019 menyisakan dua lagi. Siapa saja yang berpeluang lolos ke fase gugur?

Dua tim teratas otomatis lolos ke babak 16 besar. Jika dua tim memiliki poin yang sama, penentuannya melalui head to head. Sementara tim yang berada di posisi ketiga jatuh ke Liga Europa.

Dari empat laga, baru dua klub yang memiliki kans besar ke babak 16 besar. Yakni Barcelona dan Manchester City. Sementara klub yang dipastikan tersingkir adalah AEK Athens, Lokomotiv Moscow, Monako, PSV Eindhoven, Viktoria Plzen, dan Young Boys.

GRUP A

Borussia Dortmund: Cuma butuh satu kemenangan di hadapan pendukungnya saat melawan Club Brugge untuk lolos babak 16 besar. Laga kelima ini berlangsung pada 29 November.

Atletico Madrid: Akan lolos jika meraih kemenangan di kandangnya saat melawan Monaco. Pun juga bisa lolos jika Brugge kalah di markas Dortmund.

Hitung-hitungan Klub yang Lolos ke Fase Gugur Liga Champions

Club Brugge: Harus memenangkan kedua pertandingan yang tersisa bila ingin tetap menjaga asa lolos. Di kandang Dortmund dan menjami Atletico Madrid. 

Monaco: Telah tersingkir dan harus mendapatkan setidaknya empat poin dari sisa dua pertandingan mereka untuk membuat Liga Europa.

GRUP B

Barcelona: Memimpin klasemen sementara Grup B dengan koleksi 10 poin. Meski masih bisa disalip Inter Milan dan Tottenham Hotspur, posisi Barcelona di dua besar takkan tergeser karena dua tim rival itu akan saling beradu. Barcelona akan mengamankan posisi teratas dengan kemenangan tandang ke PSV pada Matchday 5.

Inter Milan: Butuh satu poin kontra Spurs pada 28 November untuk mengamankan tempat mereka.

Hitung-hitungan Klub yang Lolos ke Fase Gugur Liga Champions

Tottenham: Harus menang di kandang Inter untuk tetap menjaga peluang, dan akan membutuhkan setidaknya satu poin untuk Barcelona.

PSV Eindhoven: Telah tersingkir dan membutuhkan minimal empat poin untuk ke Liga Europa.

GRUP C

Liverpool : Akan lolos bila mengalahkan PSG pada 28 November jika Red Star gagal menang di Napoli. Juga dijamin akan lolos jika mereka menang di kandang melawan Napoli pada matchday 6 dengan setidaknya dua gol.

Napoli: Kemenangan atas Red Star akan membuat mereka lolos jika PSG tidak tumbang di hadapan pendukungnya melawan Liverpool.

Hitung-hitungan Klub yang Lolos ke Fase Gugur Liga Champions

PSG: Kemungkinan akan tersingkir jika mereka kalah di kandang sendiri dari Liverpool, tetapi hasil imbang atau kemenangan sangat membuat mereka tetap berburu dengan Liverpool untuk memainkan Napoli di matchday 6.

Red Star: Hasil imbang kontra Napoli akan membuat mereka tetap bersaing, dan mereka kemudian bisa berharap kemenangan kandang atas PSG.

GRUP D

Porto: Akan lolos dengan hasil imbang di kandang melawan Schalke, atau jika Galatasaray tidak menang di Lokomotiv Moscow. Kemenangan Porto akan mengamankan posisi teratas.

Schalke: Melalui kemenangan kontra Porto, atau jika Galatasaray gagal menang kontra Lokomotiv.

Hitung-hitungan Klub yang Lolos ke Fase Gugur Liga Champions

Galatasaray: Harus menang di markas Lokomotiv dan secara realistis berharap Porto mengalahkan Schalke untuk tetap bersaing.

Lokomotiv: Telah tersingkir tetapi masih bisa mendapat tempat di Liga Europa, meskipun mereka harus menang di kandang sendiri kontra Galatasaray.

GRUP E

Bayern Munich: Akan lolos jika mereka meraih kemenangan di hadapan pendukungnya kontra Benfica pada 28 November.

Ajax: Pasti akan lolos jika mereka menang di markas AEK Athens pada matchday 5, atau jika Benfica gagal menang di markas Bayern Munich.

Hitung-hitungan Klub yang Lolos ke Fase Gugur Liga Champions

Benfica: Harus memenangkan dua pertandingan tersisa dan berharap Ajax mengambil tidak lebih dari satu poin.

AEK Athens: Telah tersingkir dan harus mengambil setidaknya empat poin, termasuk kemenangan bagi Benfica, untuk mendapat peluang masuk Liga Europa.

GRUP F

Manchester City: Mengamankan tiket dan memimpin grup bila meraih kemenangan kontra Lyon pada matchday 5.

Lyon: Akan lolos jika mereka menang di kandang melawan Manchester City pada 28 November. Atau jika laga Hoffenheim vs Shakhtar berakir imbang pada malam itu.

Hitung-hitungan Klub yang Lolos ke Fase Gugur Liga Champions

Hoffenheim: Mereka kehilangan head to head dengan Lyon pada gol tandang sehingga harus mengambil empat poin lagi di dua pertandingan tersisa untuk lolos.

Shakhtar Donetsk: Jika Lyon mengambil tidak lebih dari satu titik di kandang Man City, Shakhtar akan lolos dengan dua kemenangan. Shakhtar menjamu Lyon pada matchday 6.

GRUP G

Real Madrid: Akan lolos dan mengamankan posisi teratas, jika mereka menang di Roma pada 28 November. Kepastian lolos juga jika CSKA gagal mengalahkan Viktoria Plzen.

Roma: Hanya butuh satu poin dari dua pertandingan tersisa (tandang ke Real Madrid, tandang ke Plzen). Juga melalui jika CKSA tidak mengalahkan Plzen. Roma harus mengalahkan Real Madrid dengan empat gol untuk mengamankan tempat teratas pada Matchday 5.

Hitung-hitungan Klub yang Lolos ke Fase Gugur Liga Champions

CSKA Moscow: Harus memenangkan kedua pertandingan tersisa dan berharap Roma kalah dalam dua pertandingan atau Real Madrid tidak lebih dari satu poin di Roma.

Viktoria Plzen: Apakah tersingkir dari Liga Champions tetapi akan berada di posisi terdepan untuk tempat Liga Eropa dengan menang di CSKA waktu berikutnya.

GRUP H

Juventus: Akan lolos jika mereka menghindari kekalahan ke Valencia pada matchday 6. Posisi teratas dalam grup akan aman jika mereka menang dan Man United tidak mengalahkan Young Boys.

Manchester United: Tiket akan disegel jika mereka menang di kandang kontra Young Boys pada 28 November dan Valencia tidak mengalahkan Juve.

Hitung-hitungan Klub yang Lolos ke Fase Gugur Liga Champions

Valencia: Berharap mereka tetap meraih tiga poin dari Manchester United pada matchday 6.

Young Boys: Telah tersingkir dan harus memenangkan kedua pertandingan tersisa untuk mendapat peluang Liga Eropa.