Kamis, 08 November 2018 14:09 WITA

Zidane Saja Tak Sanggup, Santiago Solari Samai Rekor 60 Tahun Real Madrid

Editor: Nur Hidayat Said
Zidane Saja Tak Sanggup, Santiago Solari Samai Rekor 60 Tahun Real Madrid
Santiago Solari. (Foto: AP News)

RAKYATKU.COM, MADRID - Pelatih sementara Real Madrid, Santiago Solari, diragukan banyak pihak bisa mengangkat performa tim selepas pemecatan pelatih sebeumnya Julen Lopetegui. 

Karier melatih Solari memang masih seumur jagung. Sebelumnya, saat ia melatih Madrid Castilla, sepak terjangnya juga tak terlalu oke. Namun, setitik harapan kini membumbung di tangan pria asal Argentina itu. Ia mampu menyamai rekor yang telah bertahan 60 tahun. Demikian catatan Opta.

Kamis dini hari Wita (8/11/2018), dalam lanjutan penyisihan grup Liga Champions melawan Viktoria Plzen, Real Madrid menang 5-0. Kemenangan ini berarti Solari membawa Real Madrid mencatat start sempurna dengan kemenangan. Hebatnya, tanpa kebobolan pula.

Sebelumnya, Los Blancos di bawah asuhannya menghajar Melilla 4-0 di Copa del Rey. Kemudian Real Valladolid ditekuk 2-0 dalam lanjutan La Liga.

Torehan menyamai start yang dibuat Luis Carniglia pada 1957. Jumlah gol yang dibuat pun sama, yakni 11. 

Saat didapuk sebagai pelatih Real Madrid pada September 1957, Carniglia memulai kiprahnya dengan kemenangan 3-0 atas Osasuna. Itu dilanjutkan dengan mengalahkan Granada 2-0 dan menghajar Sevilla 6-0.

Itu berarti, hanya Solari dan Carniglia yang bisa meraih catatan itu di Real Madrid. Bahkan Zinedine Zidane yang mempesembahkan tiga gelar Liga Champions, tak sanggup melakukan hal serupa saat awal melatih Real Madrid.

Solari berpeluang menjadi pelatih Real Madrid dengan start terbaik sepanjang masa andai mampu meneruskan kesempurnaan saat bertamu ke kandang Celta Vigo pada lanjutan La Liga, Senin (12/11/2018). Rekor Carniglia tak berlanjut pada laga ke-4 karena ditahan 2-2 oleh Valencia.

Dengan performa meyakinkan seperti itu, sangat mungkin manajemen Real Madrid memberikan kontrak sebagai pelatih permanen kepadanya. 

Itu karena hingga saat ini, Los Blancos belum mencapai kesepakatan dengan pelatih mana pun. Waktu dua pekan untuk menentukan pelatih tetap akan segera habis.