Selasa, 06 November 2018 21:39 WITA

Pelatih PSM Makassar Akhirnya Blak-blakan Soal Sanksi PSSI ke Rizky Pellu

Penulis: Sutrisno Zulkifli - Arfa Ramlan
Editor: Nur Hidayat Said
Pelatih PSM Makassar Akhirnya Blak-blakan Soal Sanksi PSSI ke Rizky Pellu
Latihan PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Selasa (11/6/2018). (Foto: Arfa Ramlan)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pelatih PSM Makassar, Robert Albert, akhirnya blak-blakan soal saksi Komisi Disiplin PSSI yang dijatuhkan kepada Rizky Pellu.

Pellu tiba-tiba dijatuhkan sanksi larangan dua kali bertanding, sehari sebelum menghadapi Persipura Jayapura, Minggu (4/11/2018) lalu.

Pellu disanksi karena melakukan tekel keras kepada pemain Persib Bandung, Dedi Kusnandar. Saat itu, Pellu diganjar kartu kuning. Namun, lewat Komdis PSSI, Pellu mendapat tambahan sanksi bermain.

Robert benar-benar heran atas kasus ini. Katanya, ini kejadian kedua yang dialami oleh PSM Makassar.

Sebelumnya, kasus serupa menimpa kiper PSM Makassar, Imam Arief Fadillah, jelang menghadapi PS Tira pada pekan ke-22. 

Imam juga diberikan surat larangan bermain sehari jelang kick off. Padahal, Imam telah menjalani saksi bermain lantaran mendapat kartu merah saat menghadapi Perseru Serui pada pekan ke-19.

"Ini adalah hal yang tidak pernah saya lihat sebelumnya. Hal yang baru saya dapati di sini (Liga Indonesia)," kata Robert yang pernah menjadi pelatih di Eropa dan Asia, saat diwawancarai usai memimpin latihan PSM Makassar, di Stadion Andi Mattalatta, Selasa (6/11/2018).

Makanya, pelatih yang sempat membawa Arema Indonesia meraih Juara Liga Super Indonesia 2010 tersebut, mengaku tak mudah melakoni laga berikutnya menghadapi Persebaya Surabaya.

"Hukumannya Pellu (dari PSSI) tidak mudah, karena tidak diharapkan," katanya.

Terlebih, selain Pellu, sejumlah pilar yang kerap menjadi tandemnya, juga absen. Seperti Mark Anthony Klok dan Asnawi Mangkualam.

"Jadi kita sedang menyiapkan, kemungkinan-kemungkinan (terburuk), kalaupun nanti ada tiba-tiba kejadian yang serupa di pertandingan berikutnya," papar Robert.

Untuk itu, Robert mengakui, sedang mencari strategi khusus buat para pemainnya, jelang menghadapi Persebaya, terlebih bermain di markas lawan.