Senin, 05 November 2018 17:11 WITA

Sudah Hafal Lagu Indonesia Raya Belum, Beto Goncalves?

Editor: Nur Hidayat Said
Sudah Hafal Lagu Indonesia Raya Belum, Beto Goncalves?
Alberto Goncalves da Costa atau akrab dengan panggilan Beto. (Foto: Bola Indo)

RAKYATKU.COM - Alberto Goncalves da Costa atau akrab dengan panggilan Beto, satu dari dua pemain naturalisasi di tim nasional Indonesia di Piala AFF 2018. Selain Beto yang berdarah Brasil, ada gelandang Stefano Lilipaly yang punya darah Belanda.

Sudah lama menetap di Indonesia hingga akhirnya menjadi pemain naturasisasi, Beto mengaku bangga sudah menghafal lagu Indonesia Raya dan Pancasila.

"Sudah hafal. Waktu masuk sini (timnas Indonesia), banyak yang bilang kamu barus hafal. Jadi saya sudah hafal lagu Indonesia Raya dan Pancasila, saya bangga menyanyikan lagu itu," kata Beto dikutip CNNIndonesia.com usai latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (5/11/2018).

"Meskipun saya lahir di Brasil, tapi setengah hidup saya di Indonesia. Saya sudah beberapa tahun di sini, saya punya istri orang Indonesia dan anak saya lahir di sini. Waktu di Brasil, saya enggak punya apa apa tapi di sini saya punya mobil, rumah," tuturnya.

Demi menghafal lagu kebangsaan, bermacam cara ia coba. "Sebelum tidur, saya pakai headphone. Saya nyanyikan juga (Indonesia Raya)," ucapnya.

Beto adalah satu dari 23 pemain yang dipanggil pelatih kepala timnas Indonesia Bima Sakti untuk Piala AFF 2018.