Minggu, 04 November 2018 20:16 WITA

Ricardo Salampessy Kritik Wasit, Robert Takut Kena Sanksi PSSI 

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ricardo Salampessy Kritik Wasit, Robert Takut Kena Sanksi PSSI 
Pemain PSM, M. Rahmat berduel dengan pemain Persipura pada pertadingan Gojek Liga-1 di Stadion Andi Mattalata, Minggu (4/11/2018). Foto: Arfa Ramlan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -- Pemain belakang Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy melontarkan kritik kepada kepemimpinan wasit yang dipimpin oleh Iwan Sukoco, kala rekan-rekannya kalah 24 dari PSM Makassar, di Stadion Andi Mattalatta, pada Minggu (4/11/2018).

Menurut Ricador, wasit asal Jawa Timur tersebut kerap membuat keputusan yang merugikan timnya. Bahkan, Ricardo menilai, gol keempat PSM, yang dicetak oleh Alessandro Ferreira Leonardo, perlu untuk ditinjau ulang.

"Gol keempat, mungkin bisa dikoreksi. Mungkin saya salah, tapi menurut apa yang kita lihat di lapangan, sebetulnya bola menguntungkan kita," ucap Ricardo, dalam sesi jumpa pers seusai laga.

Gol Sandro yang tercatat pada menit ke-89, berawal dari tendangan sudut. Bola yang dieksekusi oleh M Rahmat mengarah ke kiper, Dede Sulaiman. Pada saat itu, Ferdinand yang juga berdiri di depan gawang, berlari berusaha merebut bola. Benturan terjadi. Antisipasi Dede tak begitu baik, membuat bola jatuh tepat di depan Sandro yang berdiri tanpa pengawalan. 

Seusai gol, sejumlah pemain Persipura sempat melakukan protes kecil terhadap wasit. Justru, Ferdinand yang terkapar di depan gawang. 

"Tapi tanpa melihat kepemimpinan wasit, selamat untuk Makassar. Semoga bisa berhasil di tangga juara," tutupnya.

Ricardo Salampessy Kritik Wasit, Robert Takut Kena Sanksi PSSI 

Sementara itu, Pelatih Kepala PSM Makassar, Robert Rene Albert yang diminta tanggapannya soal kepemimpinan Sukoco, memilih kalem.

"Kalau saya utarakan hal yang buruk terhadap wasit, saya akan kena skorsing (dari PSSI), jadi saya tidak bisa," ucap Robert.

Ia hanya mengingatkan kepada operator liga dan PSSI, untuk mengirimkan wasit yang adil di tiap pertandingan. "Jadi saya kira kedua tim tak perlu memprotes tentang kepemimpinan wasit pada hari ini," tukasnya.