Jumat, 02 November 2018 15:56 WITA

Timnas Tak Lirik Pemain PSM Padahal Pemuncak Klasemen, Robert: Bingung Saya

Penulis: Arfa Ramlan - Sutrisno Zulkifli
Editor: Abu Asyraf
Timnas Tak Lirik Pemain PSM Padahal Pemuncak Klasemen, Robert: Bingung Saya
Pemain PSM sedang berlatih di Stadion Andi Mattalatta, Jumat pagi (2/11/2018).

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts mengaku bingung, mengapa tidak ada pemainnya yang dipanggil Timnas Indonesia, untuk berlaga di Suzuki Cup AFF 2018.

"Fakta bahwa tidak ada pemain PSM yang diikutkan ke Timnas, itu sedikit membingungkan buat saya," ucap Robert usai memimpin latihan, Jumat (2/11/2018).

Kebingungan Robert beralasan. Pasalnya, tim Pasukan Ramang musim ini, konsisten berada di papan atas klasemen. Hingga saat ini, PSM masih berada di posisi puncak.

Ia mengambil contoh di beberapa liga-liga populer di dunia, seperti Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, dan Liga Jerman.

Dikatakan Robert, Timnas di negara tersebut mayoritas mengambil pemain-pemain di klub yang berada di papan atas. 

"Tapi di Indonesia, kita bisa lihat secara garis besar lumayan konsisten selama musim ini, tetapi tidak ada pemain kita yang terpilih," tuturnya.

"Kalau kita lihat tim-tim yang tidak menyumbangkan pemainnya di Timnas, seperti PS Tira, Perseru Serui, PSMS Medan, ini mereka berada di papan tengah ke bawah. Sementara PSM tidak berada di situ," jelasnya.

Ia pun membandingkan klub yang bahkan berada di papan tengah, namun tetap ada pemainnya yang dipanggil Timnas. Seperti Barito Putera, Persebaya Surabaya, Sriwijaya FC. 

"Tapi bagaimana dengan PSM yang tidak ada pemainnya dipanggil Timnas, tapi tetap berada di posisi satu klasemen?" tukas Robert. 

"Saya kira pemain-pemain saya yang tidak berlabel Timnas sudah mengerjakan hal yang luar biasa. Saya kira pelatih juga layak diberikan kredit yang membawa tim ini berlaga di papan atas sepanjang musim," katanya.

Lantas, siapa yang layak menurut Robert untuk dipanggil timnas? "Bukan saya yang seleksi, makanya saya tidak tahu," kata Robert.