Rabu, 31 Oktober 2018 14:21 WITA

Hitungannya Sederhana, Pemenang Ballon d'Or Bukan CR7 atau Messi

Editor: Nur Hidayat Said
Hitungannya Sederhana, Pemenang Ballon d'Or Bukan CR7 atau Messi
Ballon d'Or. (Foto: Yahoo Sports)

RAKYATKU.COM - Legenda sepak bola Prancis, Michel Platini, punya pandangan tersendiri soal siapa yang pantas memenangkan Ballon d’Or tahun ini. Ia menilai pemenangnya nanti bukanlah Cristiano Ronaldo ataupun Lionel Messi.

Platini yang sempat menjabat Presiden UEFA menilai pemain yang paling pantas mendapatkan Ballon d’Or tahun ini adalah Raphael Varane, Bek milik Real Madrid dan tim nasional Prancis. Hitungannya sederhana, yakni kelengkapan trofi yang diperoleh.

"Putusan soal sosok yang harus memenangkan Ballon d’Or tidak pernah lebih mudah dari saat ini. Hanya ada satu pemain yang menjadi juara di (Liga Champions) Eropa dan Piala Dunia," kata Platini dinukil RMC Sport.

"Biasanya ada debat Ronaldo atau Messi, Messi atau Ronaldo. Namun, tahun ini hanya ada satu pemain yang memenangkan semuanya. Namanya Varane. Di samping itu, dia adalah pemain yang sangat bagus."

Platini mengakui faktor subjektivitas berperan besar dalam pemilihan pemain terbaik. Namun, menurut dia, kali ini seharusnya subjektivitas itu tetap mengarah kepada Varane. Nyatanya, sang pemain memang lebih berprestasi dibanding Ronaldo maupun Messi.

"Hasil adalah satu-satunya faktor objektif. Sisanya subjektif," lanjut Platini. "Anda bisa mengunggulkan (Antoine) Griezmann, (Kylian) Mbappe, tetapi hanya satu orang yang memenangi dua kompetisi penting, yakni Raphael Varane."

Terkait posisi sang pemain yang seorang bek tengah, pria berumur 63 tahun itu menilai bukan halangan. Meskipun Ballon d’Or kerap dimenangkan pemain depan, ia yakin bukan kemustahilan bagi seorang bek untuk menjadi yang terbaik. 

"Jangan lupa, pada 2006, pemenangnya adalah Fabio Cannavaro yang seorang bek," ucapnya.