Minggu, 28 Oktober 2018 10:18 WITA

Komat Kamit di Lapangan, Ternyata Ini Doa yang Dibaca Witan Sulaeman

Editor: Abu Asyraf
Komat Kamit di Lapangan, Ternyata Ini Doa yang Dibaca Witan Sulaeman
Witan Sulaeman (kanan) bersama rekan-rekannya jelang laga melawan Jepang, Minggu malam (28/10/2018).

RAKYATKU.COM - Sepak bola tidak pernah lepas dari unsur religi. Gerakan menengadahkan tangan dan bersujud bagi pemain muslim adalah buktinya. Begitu pula gerakan salib bagi pemain nasrani.

Dari dulu begitu. Pemain sepak bola selalu yakin, di balik keahlian dan kerja keras mereka, hasilnya ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Suasana religi itu makin terasa di Timnas U-19. Selebrasi usai mencetak gol tidak dilakukan dengan aksi berlebihan seperti kebanyakan pemain Eropa dan dunia. Sebaliknya, pemain Timnas U-19 melakukannya dengan sujud syukur.

Tak hanya itu. Jika penonton memperhatikan mulut dan gerakan para pemain, lebih mengesankan lagi. Di balik kengototan di atas rumput hijau, mulut para pemain tampak komat kamit. Terutama pada momen-momen tertentu.

Witan Sulaeman, misalnya. Pemain asal Palu, Sulawesi Tengah yang bermain tak kenal lelah itu tampak paling berkomat kamit. Terutama ketika akan mengeksekusi tendangan bebas.

Loading...

Doa apa yang dibaca Witan? Rupanya dia melafalkan salah satu ayat dalam Alquran dalam surat Ali Imron ayat 173, "Hasbunallahu wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir."

Artinya, "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung."

Tak hanya Witan, Rivaldo juga terlihat terus bergumam di atas lapangan meski tak ada siapapun di sekitarnya. Sesekali, pemain asal Papua ini menggerakkan tangan dengan gestur membentuk salib.
 

Loading...
Loading...