Minggu, 28 Oktober 2018 09:58 WITA

Belajar dari Brasil, Timnas U-19 Bisa Kalahkan Jepang, Ini Video Lengkapnya

Editor: Abu Asyraf
Belajar dari Brasil, Timnas U-19 Bisa Kalahkan Jepang, Ini Video Lengkapnya
Saddil Ramdani dan kawan-kawan berlatih jelang laga melawan Jepang. (FOTO: DOK PSSI)

RAKYATKU.COM - Timnas U-19 berpeluang besar mengalahkan Jepang pada perempat final Piala Asia, Minggu malam (28/10/2018). Egy Maulana Vikri sudah punya pengalaman melawan tim-tim besar, termasuk Brasil.

Pada 1 Juni 2017, saat Egy dan kawan-kawan belum sematang sekarang, mereka mampu merepotkan Brasil U-20 di turnamen Toulon Cup 2017. Saat itu, Garuda Muda hanya kalah tipis 0-1 melalui gol yang dicetak Gabriel Novaes pada menit 38.

"Pemain belum 100 persen beradaptasi serta kondisi mereka masih jet lag," ucap pelatih Indra Sjafri kala itu.

Maklum, para pemain melakukan perjalanan panjang, 15 jam dari Jakarta ke Prancis dengan menggunakan pesawat terbang.

Gagal melewati fase grup, Timnas U-19 mendapat apresiasi luar biasa. Maklum, mereka harus menghadapi tim-tim kuat. Hasilnya, Indonesia hanya kalah tipis dalam tiga kali pertandingan.

Setelah kalah 0-1 atas Brasil, Indonesia kembali kalah 0-2 atas Ceko. Pada laga terakhir, Indonesia menyerah kepada Skotlandia, lagi-lagi dengan skor tipis 1-2.

Beberapa media lokal Brasil yang menganggap Timnas Indonesia U-19 bermain apik. SuperEsportes, contohnya, yang memuji kengototan gaya bermain Timnas.

Loading...

"Brasil menunjukkan kelasnya di atas lapangan, namun pihak lawan tidak mau mengalah dengan tampil terus menekan melalui pergerakan-pergerakan para pemainnya," tulis SuperEsportes kala itu.

Media Brasil lainnya, Diario de Goias menjabarkan peningkatan permainan Timnas Indonesia U-19 di babak kedua, walau mereka pun turut serta memuji Timnas Brasil dalam memanfaatkan peluang.

"Di babak kedua, Indonesia bermain lebih baik dan terlihat di atas lapangan kedua tim bermain imbang. Namun, pelatih Carlos Amadeu melakukan pergantian yang mengunci kemenangan Brasil,” tulis mereka.

Sedangkan ESPN Brasil menilai, kemenangan beruntung yang diraih Timnas Brasil U-20 tak lepas dari borosnya peluang yang dibuat oleh Timnas kita di laga tersebut.

“Walau mendapatkan kemenangan, Timnas Brasil dapat dikatakan beruntung. Di babak kedua, lawan dari Asia itu tampak sering mengancam gawang Brasil, namun mereka tidak baik dalam hal penyelesaian,” tulis mereka dalam review pertandingan.

Loading...
Loading...