Kamis, 25 Oktober 2018 05:49 WITA

Rafinha Jawab Kepercayaan Valverde, Messi Tersenyum Lebar dari Tribune

Editor: Abu Asyraf
Rafinha Jawab Kepercayaan Valverde, Messi Tersenyum Lebar dari Tribune
Rafinha membuka keunggulan Barcelona atas Inter Milan. (FOTO: MARCA)

RAKYATKU.COM - Tak ada yang bisa menggantikan peran sentral Lionel Messi di Barcelona. Tetapi, Rafinha mampu menjawab kepercayaan pelatih Ernesto Valverde dengan gol pembuka atas Inter Milan, Kamis dini hari (25/10/2018).

Tak hanya membuat Blaugranes berjingkrak-jingkrak, gol pemain asal Brasil pada menit 32' itu juga membuat Lionel Messi tersenyum lebar di tribune VIP. Pada laga penyisihan Grup Liga Champions di Camp Nou ini, Messi tak bisa tampil akibat cedera.

Rafinha sukses meneruskan umpan silang matang Luis Suarez untuk menaklukkan Samir Handanovic. Tepuk tangan meriah pun mengiringi langkahnya keluar lapangan saat pemain berusia 25 tahun digantikan Semedo pada menit 72'

Jordi Alba akhirnya menggandakan keunggulan Barcelona atas Inter Milan pada 83'. Inter Milan sebenarnya bermain lebih agresif pada babak kedua. Sayang, mereka malah kecolongan sehingga harus kalah 0-2.

Pada laga lainnya, Borussia Dortmund secara perkasa mengalahkan Atletico Madrid dengan skor telak 4-0, Kamis dini hari (25/10/2018). Gol-gol Dortmund dalam laga kali ini dihasilkan oleh Axel Witsel di menit ke-38, Raphael Guerreiro di menit ke-73 dan 89, serta satu gol dari Jadon Sancho di menit ke-84.

Kemenangan yang lahir di Signal Iduna Park ini membuat Dortmund bertengger di puncak klasemen Grup A dengan sembilan angka. Atletico mengikuti di bawahnya dengan perolehan enam angka.

Tren bagus yang dimiliki oleh Borussia Dortmund di Bundesliga coba ditularkan ke ajang Liga Champions. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut Dortmund dihadapkan dengan lawan yang tak mudah.

Pada matchday ketiga ini, anak asuh Lucien Favre menghadapi juara Liga Europa musim lalu, Atletico Madrid. Dortmund pun melakukan beberapa rotasi dalam laga kali ini. Penyerang mereka, Paco Alcacer tak dimainkan. Begitu juga dengan Jadon Sancho yang berada di bangku cadangan.

Dengan begitu, Favre mempercayai lini serangnya kepada Marco Reus. Kapten Dortmund itu dibantu oleh Mario Goetze, Christian Pulisic, dan Jacob Larsen di lini depan.

Sementara, Atletico Madrid tampil dengan kekuatan terbaik. Duet Antoine Griezmann dan Diego Costa menjadi tumpuan untuk mencetak gol. Lalu, Saul Niguez, Thomas Partey, Koke, dan Lemar menjadi pilihan oleh Diego Simeone di lini tengah.

Dortmund menjadi tim yang mendapat peluang pertama pada menit ke-21. Axel Witsel melakukan sepakan jarak jauh, namun usahanya masih bisa diamankan oleh Jan Oblak. Sepuluh menit setelahnya, giliran Pulisic yang mengancam gawang Atletico. Akan tetapi, usaha dari pemain asal Amerika Serikat itu masih menyamping tipis dari gawang Atletico.

Tim tamu bukannya tak mendapat peluang. Griezmann mendapat kesempatan membuka keunggulan di menit ke-37. Tapi tendangan kaki kananya masih melebar dari gawang Roman Buerki.

Gol akhirnya datang pada menit ke-38. Dortmund yang mendapat gol melalui kaki Axel Witsel. Sepakan pemain asal Belgia itu membentur pemain Atletico dan membuat Oblak mati langkah. Dortmund pun unggul 1-0 dan bertahan hingga babak pertama selesai. 

Di babak kedua, Atletico lebih aktif melakukan tekanan. Menit ke-50 tim Ibukota Spanyol itu mendapat peluang melalui kaki Saul. Tapi, tendangannya dari dalam kotak penalti masih melebar tipis dari gawang Dortmund. Saul lagi-lagi mendapat peluang pada menit ke-52. Kali ini, tiang gawang yang menggagalkan upaya pemain bernomor punggung delapan itu. 

Asyik melakukan tekanan membuat Atletico lengah. Dortmund berhasil memanfaatkan situasi ini dan mencetak gol kedua di menit ke-73. Raphael Guerreiro-lah yang menyumbang gol untuk Dortmund usai memanfaatkan umpan dari Achraf Hakimi. Atletico pun tertinggal dua angka.

Setelah gol kedua ini, Atletico makin terpuruk. Dengan sangat baik situasi ini dimanfaatkan oleh Dortmund. Jadon Sancho yang baru masuk di menit ke-79 berhasil mencetak gol ketiga Dortmund.

Pemuda asal Inggris itu berhasil membobol gawang Atletico di menit ke-84 usai memanfaatkan sodoran dari Hakimi. Dortmund seakan tak puas dengan tiga gol yang mereka buat.

Lima menit usai gol Sancho, Guerreiro membuat papan skor berubah lagi. Memanfaatkan kesalahan lini belakang Atletico, pemain asal Portugal ini berhasil mencetak gol keempat melalui kaki kirinya. Dortmund pun mengakhiri pertandingan dengan keunggulan 4-0.

Hasil-hasil Liga Champions
Kamis (25/10/2018):

Club Brugge v Monaco 1-1 (1-1)
(Wesley 39'; Moussa Sylla 31')

Borussia Dortmund v Atletico Madrid 4-0 (1-0)
(Axel Witsel 38', Raphael Guerreito 73', 89' Jadon Sancho 84')

PSV Eindhoven v Tottenham Hotspur 2-2 (1-1)
(Hirving Lozano 30', Luuk de Jong 87'; Lucas Moura 39', Harry Kane 55')

Barcelona v Inter Milan 2-0 (1-0)
(Rafinha 32', Jordi Alba 83')

Liverpool v FK Crvena Zvezda 4-0 (2-0)
(Roberto Firmino 20', Mohamed Salah 45', 51' (P), Sadio Mane 80')

Paris Saint Germain v Napoli 2-2 (0-1)
(Mario Rui 61' (BD), Angel Di Maria 90'; Lorenzo Insigne 29', Dries Mertens 77')

Galatasaray v Schalke 04 0-0
Lokomotiv Moscow v FC Porto 1-3 (1-2)

(Anton Miranchuk 38'; Moussa Marega 26' (P), Hector Herrera 35', Jesus Corona 47')