Selasa, 23 Oktober 2018 18:40 WITA

PSSI Sebut PSM Makassar Lolos Bersyarat Lisensi AFC, Ini Tanggapan Manajemen

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Nur Hidayat Said
PSSI Sebut PSM Makassar Lolos Bersyarat Lisensi AFC, Ini Tanggapan Manajemen

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PSSI mengumumkan hasil proses Club Licensing Department (CLD) 2018. Proses yang rutin dijalankan setiap tahun dari AFC ini diikuti oleh seluruh 18 klub Liga 1 yang dimulai April hingga September 2018 lalu.

Pada hasil CLD tahun ini, tiga klub yakni Persija Jakarta, Arema FC, dan Persib Bandung. Ketiga klub ini lolos tanpa syarat atau bisa disebut granted. Sementara tujuh klub lolos dengan syarat (granted with sanctions) yakni Madura United, PSM Makassar, Barito Putera, Persipura Jayapura, Borneo FC, Bhayangkara FC, dan Bali United.

Ketujuh klub ini harus memenuhi persyaratan hingga 31 Januari 2019 mendatang. Pada proses CLD setiap klub harus memenuhi lima syarat yang diberikan oleh AFC yakni sporting, infrastructure, personnel and administrative, legal, dan finansial.

"PSSI mengapresiasi kerja klub untuk memenuhi persyaratan club licensing department. PSSI selalu mendukung serta mendampingi klub-klub untuk menjadi sebuah klub profesional dan layak berlaga di kompetisi Asia," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria. 

"Tahun ini ada peningkatan jumlah klub yang mendapat lisensi club licensing department ini tentu sangat bagus bagi PSSI dan klub-klub itu sendiri. Ke depannya club licensing department akan dipresentasikan dalam kongres dan kami berharap semua tim Liga 1 mendapat lisensi ini," tambahnya.  

Nantinya hanya klub-klub yang lolos persyaratan CLD yang bisa mengikuti kompetisi di tingkat AFC. Seperti Liga Champions Asia dan AFC Cup. Pada 2019, Indonesia mendapat slot tiga, yakni dua tim di AFC Cup dan satu tim ke Kualifikasi Liga Champion Asia. Pada tahun 2018, dua klub yakni Bali United dan Persija Jakarta berlaga di AFC Cup 2018. 

Menanggapi itu, Sekretaris Klub PSM Makassar, Andi Widya Syadzwina mengakui, ada ada satu dokumen kriteria B dari kategori finance yang harus direvisi dan batasnya Januari 2019. 

"Dan itu saat ini sudah dalam proses revisi. Mudah-mudahan akhir bulan ini atau paling lambat awal bulan depan sudah kita submit lagi," ucap Wina, sapaan akrabnya, Selasa (23/10/2018)

"Intinya PSM sudah dapat lisensi dan akan mempertahankan itu dengan melakukan perbaikan secepat mungkin," tutup Wina.