Senin, 22 Oktober 2018 15:32 WITA

Hitung-hitungan Peluang Lolos Timnas Indonesia ke 8 Besar Piala Asia U-19

Editor: Nur Hidayat Said
Hitung-hitungan Peluang Lolos Timnas Indonesia ke 8 Besar Piala Asia U-19
Tim nasional Indonesia U-19. (Foto: Okezone)

RAKYATKU.COM - Tim nasional Indonesia U-19 kalah 5-6 dari Qatar pada laga kedua babak penyisihan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Geloa Bung Karno, Minggu malam Wita (22/10/2018).

Kekalahan itu membuat tim asuhan Indra Sjafri kini posisi sulit untuk lolos ke babak selanjutnya. Biar begitu, peluang mereka sama sekali belum tertutup.

Untuk sementara timnas Indonesia U-19 bertengger di peringkat ketiga klasemen sementara grup dengan koleksi tiga poin. Posisi puncak dikuasai Uni Emirat Arab (6 poin) dan Qatar yang unggul head to head dari timnas Indonesia U-19.

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi laga penentu melawan Uni Emirat Arab, Rabu (24/10/2018). Berikut hitung-hitungan peluang lolos Indonesia ke babak delapan besar.

Pada laga pemungkas nanti, timnas Indonesia U-19 wajib menang atas UEA untuk memastikan satu tiket ke babak selanjutnya. Andai menang, Garuda Nusantara berhak lolos, apapun hasil yang diraih Qatar yang berhadapan Taiwan.

Menang atas UEA, akan akan membuat timnas Indonesia U-19 minimal lolos sebagai runner-up Grup A. Itu karena timnas Indonesia U-19 menyingkirkan UEA yang menjadi pesaing utama untuk melangkah ke fase selanjutnya selain Qatar.

Kalaupun bermain imbang, timnas Indonesia U-19 tetap bisa lolos. Namun, Qatar mesti takluk dari Taiwan.

Jika hasil itu tercipta, UEA akan lolos sebagai juara Grup A, disusul timnas Indonesia U-19 di posisi kedua klasemen akhir. Sementara Qatar berada di posisi ketiga dengan raihan tiga poin.

Bagaimana andai Qatar menang melawan Taiwan dan timnas Indonesia U-19 menang juga melawan EUA? Andai ini tercipta, tiga tim teratas akan sama-sama mengumpulkan enam poin.

Nantinya, akan ada tiga tim akan dibuat klasemen kecil tanpa memasukkan Taiwan yang sudah tersingkir. Penghitungannya akan mempertimbangkan selisih gol dan menghapus jumlah gol ketiga tim ketika melawan Taiwan.

Melihat kondisi saat ini, UEA akan memimpin klasemen kecil dengan selisih gol 2-1 (+1), kemudian Qatar 7-7 (0), disusul Indonesia 5-6 (-1).

Andai menang dengan selisih satu gol melawan UEA, maka timnas Indonesia U-19 akan lolos sebagia runner up setelah Qatar. 

Tiga tim akan memiliki selisih gol yang sama, yakni 0, namun Uni Emirat Arab akan tersingkir karena memiliki catatan mencetak gol paling sedikit.

Timnas Indonesia U-19 juga masih berpeluang untuk lolos sebagai juara grup. Syaratnya, Indonesia harus menang dengan mencetak minimal tiga gol atau lebih. 

Andai itu terjadi, Timnas Indonesia U-19 akan punya total mencetak gol lebih baik dari Qatar yang akan finis di posisi runner up.

Sumber: Bola.net