Senin, 15 Oktober 2018 15:29 WITA

Kalahkan Arema FC, PSM Makassar Cetak Rekor Baru di Liga 1

Penulis: Sutrisno Zulkifli - Arfa Ramlan
Editor: Mulyadi Abdillah
Kalahkan Arema FC, PSM Makassar Cetak Rekor Baru di Liga 1
Aksi Pluim kontra Arema di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (14/10/2018). Foto: Arfa Ramlan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PSM Makassar berhasil menumbangkan Arema FC, di Stadion Andi Mattalatta, kemarin (14/10/2018), dengan skor tipis 2-1.

Dua gol skuat PSM yang dicetak M Rahmat dan Guy Junior, rupanya punya catatan sejarah tersendiri. Khususnya, sejak kompetisi ini mengubah nama menjadi Liga 1 Indonesia, pada tahun 2017. Sebelumnya, kasta tertinggi sepak bola negeri ini bernama Liga Super Indonesia, yang terakhir bergulir pada tahun 2014.

Kememangan atas Singo Edan, julukan Arema, membuat tim berjuluk Juku Eja tersebut, berhasil membukukan 4 kali raihan 3 poin secara beruntun. 

Kemenangan tersebut pun terbilang meyakinkan, lantaran mampu meraih dua kali di tandang dan dua kali di kandang. Tiga tim sebelumnya yang keok atas permainan Wiljan Pluim dkk adalah Mitra Kukar, Sriwijaya FC dan PS Tira.

Pada musim Liga 1 Indonesia 2017, Robert rupanya tidak pernah membawa timnya sebaik musim ini. Tercatat, pada musim lalu, PSM cuma bisa menang sebanyak 3 kali secara beruntun. Kemenangan tiga kali itu juga dilakukan sebanyak 3 kali, sebelum dipatahkan oleh lawan. 

Pencapaian puncak PSM musim lalu, bukan pada tren kemenangan. Akan tetapi, menjaga tren agar tidak kalah. 

Pasukan Ramang, julukan lain PSM, pernah tidak menelan kekalahan dalam 10 laga, tepatnya pada pekan ke-18 hingga pekan ke-28. 10 laga itu, PSM mampu menang 7 kali, dan seri 3 kali.

Pada musim ini, hingga pekan ke-25, pencapaian PSM memang sedang bagus-bagusnya. Dalam 8 laga terakhir, inilah performa terbaik PSM, lantaran tidak pernah kalah. Meski, sebelum kemenangan beruntun ini, PSM juga cuma meraih 1 poin, secara beruntun pula.

Tersisa 9 laga. Jika mampu dijaga dengan baik, bukan tidak mungkin PSM akan mengangkat trofi juara. Terakhir, PSM Makassar mampu menjadi "raja" sepak bola Indonesia, pada musim kompetisi tahun 2000 atau 18 tahun silam.

Saat ini, PSM Makassar berada di peringkat kedua klasemen, dengan poin yang sama dengan Persib Bandung, hanya selisih agregat gol. Hanya saja, Persib memiliki satu laga sisa.

"Kami rindu juara," kata salah satu fans PSM Makassar, Andi Iksan.