Senin, 08 Oktober 2018 18:55 WITA

4 Catatan Menarik Usai PSM Makassar Tundukkan Mitra Kukar

Editor: Nur Hidayat Said
4 Catatan Menarik Usai PSM Makassar Tundukkan Mitra Kukar
Guy Junior (depan) mencetak dua gol dalam kemenangan 4-1 PSM Makassar atas Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Minggu (7/10/2018). (Foto: Ofisial PSM Makassar)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PSM Makassar berhasil bertengger di posisi ke-2 klasemen Liga 1 Indonesia 2018 setelah mengempaskan Mitra Kukar, di Stadion Aji Imbut, Minggu (7/10/2018).

Kemenangan 4-1 Juku Eja menyisakan beberapa catatan menarik. Ada empat hal yang dirangkum Rakyatku.com:

1. Rotasi Berbuah Manis

Rotasi pemain yang dilakukan Robert Alberrt, membuahkan hasil manis. Reva Adi Utama, yang sesungguhnya berposisi bek kiri secara mengejutkan dipasang menjadi sayap kiri. Ia menempati posisi yang biasa diisi Saldi dan M Rahmat.

Hasilnya, selain bermain cukup baik, Reva mampu mencetak gol. Golnya pada menit ke-32 sekaligus menjadi gol pertamanya musim ini.

Begitu juga dengan pemain lainnya, Guy Junior dan M Rahmat. M Rahmat yang kerap bermain sebagai sayap kiri, dipasang menjadi penyerang tengah. Sementara, Guy yang digeser sebagai sayap kanan, berhasil mencetak dua gol.

2. Kemenangan Terbesar Musim Ini

Kemenangan PSM Makassar dengan selisih tiga gol juga menjadi rekor tersendiri untuk musim ini. 

Selama 24 kali bertanding, baru dua kali Willem Jan Pluim cs mencetak empat gol dalam satu kali pertandingan. Pertama kali, dilakukan saat mengalahkan PS Tira, 4-3 di Stadion Andi Mattalatta, April lalu.

PSM 1 kali mencetak 2 gol dalam satu pertandingan dan 8 kali mencetak 2 gol. Selebihnya, cuma mampu menghasilkan 1 gol.

3. Jadi Tim ke-4 yang Kalahkan Mitra Kukar di Kandang

PSM Makassar menjadi tim keempat yang mampu mencuri poin penuh di kandang Mitra Kukar, Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kalimantan Timur. Sebelum PSM, cuma Borneo FC, Barito Putera, dan Persija Jakarta yang mampu meraup tiga poin.

Dari 12 kali permainan Mitra Kukar di markasnya, anak asuh Rahmad Darmawan dikenal sebagai penakluk tim-tim andal. Bahkan tim sekelas Persib Bandung dan Persipura Jayapura pun dibuat tak berdaya. 

4. Tim yang Tak Terkalahkan di Putaran Kedua

PSM Makasar menjadi satu-satunya tim yang belum menelan kekalahan pada putaran kedua Liga 1 Indonesia 2018. Dari 4 laga di putaran kedua, PSM berhasil menang 3 kali dan 1 kali imbang. 

Sebetulnya, hingga pekan ke-23, Bali United juga masih belum terkalahkan. Namun, Bali yang bermain pada pekan ke-24, akhirnya tumbang di kandang Sriwijaya FC, Minggu (7/10/2018), dengan skor 2-3. 

Hasil ini juga, membuat PSM Makassar tak terkalahkan selama tujuh laga terlahir. Terakhir, PSM Makassar kalah atas PSMS Medan, pada Juli lalu.