Sabtu, 06 Oktober 2018 19:07 WITA

Jadwal Berbenturan Agenda FIFA, Robert: Liga Indonesia Ini Aneh

Editor: Abu Asyraf
Jadwal Berbenturan Agenda FIFA, Robert: Liga Indonesia Ini Aneh
Suasana latihan tim PSM.

RAKYATKU.COM,TENGGARONG - Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Albert melontarkan kritik kepada PSSI yang tetap menjalankan liga di tengah-tengah jadwal pertandingan persahabatan yang telah dijadwalkan FIFA.

Kritik Robert tersebut terlontar karena banyak permasalahan yang muncul. Khususnya, buat pemain yang dipanggil oleh tim nasional, sementara juga dibutuhkan di klub.

Dikutip dari situs resmi FIFA, pertandingan persahabatan internasional dijadwalkan pada tanggal 8-16 Oktober. Sedangkan, liga tetap berjalan.

"Tidak biasa, ini aneh. Di Indonesia masih memainkan pertandingan-pertandingan (liga) di kalender FIFA," kata Robert saat jumpa pers di Tenggarong, Sabtu (6/10/2018).

"Tidak ada liga di dunia ini yang memainkan pertandingan kalau sudah ada di kalender FIFA," imbuh pelatih berkebangsaan Belanda tersebut.

Pada Piala Dunia 2018 lalu, kompetisi Liga Indonesia juga tetap berjalan. Padahal, hampir seluruh liga di dunia dihentikan sementara. 

Kendati demikian, sebagai pelatih, ia menegaskan, akan tetap mengirim pemain-pemainnya, jika dibutuhkan oleh tim nasional. 

"Jadi kita kerja sama penuh kepada federasi (PSSI), memberikan pemain kita sesuai dengan surat yang diajukan," jelas Robert.

"Ada juga pemain kita yang dipanggil main untuk Timnas Hongkong (Sandro, Red). Ini memang kalender internasional dari FIFA, dimana klub-klub tidak berhak untuk menolak jika ada pemain yang dipanggil timnas," ujar Robert.