Selasa, 02 Oktober 2018 14:19 WITA

Bobotoh Pengeroyok Haringga Dilarang Nonton Sepak Bola di Stadion Seumur Hidup

Editor: Nur Hidayat Said
Bobotoh Pengeroyok Haringga Dilarang Nonton Sepak Bola di Stadion Seumur Hidup
Tersangka pengeroyok Haringga Sirla. (ANTARA FOTO/Prabu Kencana)

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Komisi Disiplin (Komdis) PSSI telah merilis keputusan terkait pelanggaran disiplin yang terjadi pada laga pekan ke-23 Liga 1 2018 antara Persib Bandung kontra Persija Jakarta.

Bobotoh tersangka pengeroyok almarhum Haringga Sirla tak luput dari sanksi. Mereka yang saat ini diproses pihak kepolisian, dihukum larangan menonton sepak bola di stadion di wilayah Republik Indonesia selama seumur hidup.

Haringga dikeroyok hingga tewas sebelum laga Persib melawan Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9/2018) lalu. Tujuh orang kemudian ditetapkan sebagai tersangka pelaku pengeroyokan. Mereka adalah GA (20), AN (19), DS (19), SMR (17), DFA (16), B (41), dan D (20).

Dalam poin-poin keputusan itu pula, Komdis PSSI memberikan hukuman berat terhadap klub atas insiden ini berupa laga usiran dan tanpa penonton. 

Untuk musim ini, Persib Bandung disanksi tak boleh bermain kandang di Pulau Jawa dan tanpa penonton hingga akhir musim. Laga usiran tersebut bakal digelar di Kalimantan.

Persib juga mendapat hukuman laga kandang tanpa penonton hingga paruh pertama Liga 1 2019.

Hukuman Komdis PSSI untuk Pengeroyok Haringga Sirla:

Seluruh tersangka pengeroyokan Haringga Sirla
-Nama kompetisi: Liga 1 2018
-Pertandingan: Persib Bandung vs Persija Jakarta
-Tanggal kejadian: 23 September 2018
-Jenis pelanggaran: Melakukan provokasi hingga pengeroyokan disertai pemukulan terhadap suporter Persija Jakarta hingga tewas
-Hukuman: Sanksi semua tersangka pengeroyokan Haringga Sirila dihukum larangan menonton sepak bola di stadion wilayan Republik Indonesia seumur hidup

Sumber: PSSI