Selasa, 02 Oktober 2018 13:22 WITA

Buntut Kematian Haringga, Persib Bandung Dilarang Main di Jawa

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Nur Hidayat Said
Buntut Kematian Haringga, Persib Bandung Dilarang Main di Jawa

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Komisi Disiplin (Komdis) PSSI memberikan hukuman berat kepada Persib Bandung. Hukuman itu buntut kematian Haringga Sirla, suporter Persija Jakarta (Jak Mania) yang dikeroyok di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) oleh Bobotoh.

Oleh PSSI, untuk musim ini Persib dihukum sanksi laga kandang usiran di luar Pulau Jawa dan tanpa penonton hingga akhir musim. Laga usiran bakal digelar di Kalimantan.

Sanksi Persib bermain tanpa penonton bahkan berlaku pula untuk musim depan. Selain itu, Maung Bandung juga sanksi laga kandang di Bandung tanpa penonton hingga paruh pertama Liga 1 musim depan.

Keputusan ini tertuang dalam surat hasil sidang per tanggal 1 Oktober 2018. "Melakukan intimidasi kepada ofisial Persija pada saat MCM, melakukan sweeping, pengeroyokan dan pemukulan terhadap suporter Persija hingga tewas," demikian pernyataan resmi dalam keputusan Komdis PSSI.

Sanksi Komdis PSSI untuk Persib Bandung:

- Nama kompetisi: Liga 1 2018
- Pertandingan: Persib Bandung vs Persija Jakarta
- Tanggal kejadian: 23 September 2018
- Jenis pelanggaran: melakukan intimidasi kepada ofisial Persija pada saat MCM, melakukan sweeping, pengeroyokan dan pemukulan terhadap suporter Persija hingga tewas
- Hukuman: Sanksi pertandingan home diluar Pulau Jawa (Kalimantan) tanpa penonton sampai akhir musim kompetisi 2018 dan pertandingan home tanpa penonton di Bandung sampai setengah musim kompetisi tahun 2019