Senin, 01 Oktober 2018 18:35 WITA

Kalah 2-3 dari Australia, Timnas Indonesia U-16 Gagal ke Piala Dunia

Editor: Nur Hidayat Said
Kalah 2-3 dari Australia, Timnas Indonesia U-16 Gagal ke Piala Dunia
Foto: AFC.

RAKYATKU.COM, KUALA LUMPUR - Tim nasional Indonesia U-16 menyerah 2-3 dari timnas Australia U-16 pada perempat final Piala Asia U-16 2018 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Senin (1/10/2018). Kekalahan yang memastikan Indonesia gagak ke Piala Dunia U-17 2019.

Indonesia sesungguhnya unggul 1-0 lebih dahulu melalui gol Sutan Zico yang sekaligus menutup babak pertama. Keunggulan yang membuka lebar-lebar asa Indonesia.

Akan tetapi, semuanya berbalik di babak kedua. Australia bermain lebih agresif dan hasilnya mereka mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-51 melalui gol Daniel Walsh.

Setelahnya, Indonesia bermain lebih menekan demi meraih kembali keunggulan. Namun, kondisi itu dimanfaakan betul Australia untuk mencetak gol melalui serangan balik.

Australia, tepatnya pada menit ke-65, lewat Adam Leobruno yang sukses memanfaatkan serangan balik. Tendangan kaki kiri Leobruno ke pojok kiri gawang tak bisa dihalau Kiper Ernando Ari. Australia memperlebar keunggulan menjadi 3-1 pada menit ke-74 melalui gol Noah Botic. 

Penyerang pengganti Rendy Juliansyah berhasil memperkecil ketinggalan 2-3 pada menit ke-89. Akan tetapi, setelah itu tak ada lagi gol tercipta. Australia lolos ke semifinal sekaligus Piala Dunia U-17 2019. Dan, Indonesia harus mengakui kekalahan dan tersingkir.

Susunan pemain

Indonesia U-16: Ernando Ari Sutaryadi; Amiruddin Bagas Kaffa, Komang Teguh Trisnanda, Fadilah Nur Rahman, Mochamad Yudha Febrian; Brylian Negiehta Aldama, David Maulana, Andre Oktaviansyah; Amiruddin Bagus Kahfi, Sutan Zico, Mochammad Supriadi.

Australia U-16: Adam Pavlesic; Daniel Walsh, Jordan Bos, Jordan Courtney-Perkins, Adam Leombruno, Thomas Lambiris; Ryan Teague, Birkan Kirdar, Luke Duzel; Noah Botic, Joseph Roddy. (har/ptr)