Jumat, 14 September 2018 23:23 WITA

Blak-blakan Jacksen F Tiago: Bahar Muharram, Liga Champions PSM, hingga Kelahiran Anak di Makassar

Editor: Nur Hidayat Said
Blak-blakan Jacksen F Tiago: Bahar Muharram, Liga Champions PSM, hingga Kelahiran Anak di Makassar
Jacksen F Tiago.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago, menyempatkan diri menceritakan kisahnya selama berseragam PSM Makassar. Momen itu ia ceritakan setelah datang ke Makassar dalam lawatannya menghadapi mantan klubnya di Liga 1 2018, Kamis (13/9/2018).

Dilansir dari akun Instagram @memori_psm, ada empat video yang diunggah dan Jacksen menceritakan saat bersama PSM terutama tampil di Liga Champions Asia pada 1996 silam. Kala itu, PSM secara mengejutkan mampu menumbangkan tim raksasa Asia asal Korea Selatan, Pohang Steelers dengan skor 1-0.

"Bermain di PSM, puji Tuhan banyak kenangan yang manis di kota ini (Makassar). Tapi satu hal yang paling berkesan saat bermain di Liga Champions Asia melawan Pohang Steelers yang saat itu adalah salah satu raksasa terbesar di Asia," kata Jacksen dalam video itu, Jumat (14/9/2018).

"Sebelum melawan kita, mereka sudah juara Liga Champions Asia sebanyak dua kali berturut-turut. Di sini, di Mattoanging, waktu itu stadion kita bukan lagi Mattoanging tapi Stadion Matalatta saya mampu mencetak gol crossing dari kanan dan kita menag 1-0 dan menjadi kenangan sangat luar biasa. Pertama, kita mampu menang 1-0 dari raksasa Asia pada waktu itu," kenang Jacksen. 

Itu adalah hal pertama yang diceritakan Jacksen. Kemudian yang kedua, Jacksen mengaku pertandingan menghadapi Pohang Steelers adalah laga internasional yang pertama kalinya ia lakoni sejak berseragam PSM. 

"Dan saya mampu membantu PSM memenangkan pertandingan hingga saya bisa menjadi algojo. Sehingga itu adalah menjadi sebuah kebanggan juga. Itu dari aspek permainan," ungkapnya.

Momen lain selama berseragam PSM diceritakan Jacksen, terutama di luar lapangan. Yakni anak keduanya lahir di Makassar tepatnya di RS Bhayangkara. 

Menurutnya, dengan lahirnya anak keduanya di Makassar ada kontak batin yang terjalin. Diapun mengaku hal tersebut adalah suatu kebanggaan bagi dirinya.

"Di luar itu, ada sebuah kebanggan juga anak saya yang kedua, Ayub lahir di sini (Makassar) sehingga ada kontak batin dengan Kota Makassar. Anak saya lahir di RS Bhayangkara dan itu adalah hal yang sangat luar biasa hingga sampai kapan pun saya tidak akan lupa. Meskipun anak saya berpaspor Brasil, namun tempat lahirnya tercantum di Makassar," jelasnya.

Dalam video, muncul pertanyaan soal kedekatannya dengan pemain PSM kala itu. Jacksen pun menjawab beberapa pemain tenar PSM di masa itu. 

"Sebenarnya banyak satu rumah dengan mereka. Kamaruddin, cukup banyaklah teman-teman sangat dekat. Teman main bercanda itu Bahar Muharram, Syamsuddin Batola juga. Kita satu rumah itu, saya Luciano Leandro, Novo, Yeyen Tumena, Yusuf, Agus di Jalan Mapala. Tidak tahu kalau Jalan Mapala masih ada. Tapi, hubungan saya sama Bahar sangat luar biasa, Syamsuddin Batola juga, Ansar Razak juga, almarhum," demikian kenangan pelatih dengan nama lengkap Jacksen Ferreira Tiago.