Minggu, 09 September 2018 14:43 WITA

5 Pelatih Calon Pengganti Luis Milla di Timnas Indonesia

Penulis: Wahyu Susanto S
Editor: Nur Hidayat Said
5 Pelatih Calon Pengganti Luis Milla di Timnas Indonesia
Luis Milla. (Foto: CNN Indonesia)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah mengeluarkan pernyataan bila Luis Milla bakal kembali melatih tim nasional Indonesia. Namun, hingga kini belum ada perkembangan. 

Hingga Minggu (9/9/2018), induk sepak bola di Indonesia itu dan Luis Milla belum ada kesepakatan resmi terkait kembali bekerja sama.

Diketahui, setelah gagal membawa timnas Indonesia meraih target di Asian Games 2018, Luis Milla terancam didepak. Namun, melihat permainan impresif Evan Dimas dkk, membuat Milla dipertimbangkan untuk kembali menukangi Indonesia.

Akan tetapi, bagaimana bila Milla batal melatih timnas Indonesia? Ada sejumlah pelatih yang disebut-sebut bakal menggantikan posisi pelatih asal Spanyol itu.

Ada Simon McMenemy, Jacksen F Tiago, Roberto Carlos Mario Gomez, Rahmad Darmawan, hingga Robert Rene Alberts. Sepak terjang kelima pelatih tersebut memang sudah tak diragukan lagi.

Kelimanya mampu mengangkat performa tim setelah menjadi pelatih kepala. Jacksen misalnya, menukangi Barito Putera sejak musim lalu, secara perlahan-lahan Laskar Antasari menjadi tim yang kini disegani.

Begitu juga dengan McMenemy, ia malah sukses membawa Bhayangkara FC menjadi jawara Liga 1 musim 2017. 

Sementara Gomes yang menukangi Persib Bandung membuat tim berada di jalur positif setelah di musim lalu sempat terseok-seok. 

Rahmad Darmawan, pelatih lokal ini juga tak bisa dipandang sebelah mata. Mulai dari level timnas hingga klub, ia beberapa kali sukses membawa tim bersaing.

Bagaimana dengan Robert? Pelatih asal Belanda satu ini memang belum membawa PSM juara. Namun, Robert mampu mengangkat tim berjuluk Juku Eja itu ke jalur papan atas.

Pelatih PSM sebelumnya, Alfred Riedl, pernah menukangi timnas Indonesia. Robert pada awal kedatangannya di PSM 2016 lalu juga digadang-gadang akan melatih timnas garuda, namun pada akhirnya isu itu menguap begitu saja.