Kamis, 06 September 2018 14:15 WITA

Messi Ungkap Kelemahan Terbesarnya, Tim Lawan Mesti Catat

Editor: Nur Hidayat Said
Messi Ungkap Kelemahan Terbesarnya, Tim Lawan Mesti Catat
Lionel Messi. (Foto: Barca Blaugranas)

RAKYATKU.COM, BARCELONA - Lionel Messi tak bisa dimungkiri adalah salah satu pemain terbaik di dunia. Walau begitu, bukan berarti ia tak punya kelemahan.

Dalam wawancara dengan Radio Catalunya dikutip Mirror, Messi mengungkapkan satu kelemahan terbesarnya yang hingga kini membenaninya. Apa itu? Eksekusi tendangan penalti.

"Penalti. Saya harus lebih efektif lagi," kata kapten Barcelona itu.

Sepanjang karier sepak bolanya, Messi menciptakan 71 gol dari 88 kali percobaan melalui penalti. Semua gol itu tercipta baik saat berseragam Barcelona maupun tim nasional Argentina. Artinya ia 17 kali gagal menjalankan tugas saat mengeksekusi tendangan penalti.

"Itu (eksekusi tendangan penalti) sangat sulit. Rasanya sangat berbeda ketika Anda melakukan latihan dan mencoba tendangan penalti pada pertandingan sebenarnya," akunya.

Teranyar, Messi bahkan memberikan kesempatan mengeksekusi penalti kepada Luis Suarez saat Barcelona mengalahka  tim promosi Huesca dengan skor 8-2 di La Liga.

Padahal Messi punya peluang mencetak tiga gol alias hat-trick pada laga ini. Tak mau menjadi eksekutor tendangan 12 pas, Messi yang sudah memegang bola melemparkan bola kepada Suarez. Suarez kemudian menjadi eksekutor dan menggenapkan skor kemenangan Barcelona.

"Anda bisa memiliki rencana dan ide tentang hal-hal yang harus dilakukan. Namun ketika momen itu datang, itu jauh lebih sulit dibandingkan kelihatannya."

"Kiper-kiper saat ini juga banyak yang berhasil menepis tendangan penalti dibandingkan kiper-kiper di masa lalu. Namun, benar ini adalah hal yang perlu saya perbaiki."