Rabu, 05 September 2018 11:51 WITA

Ogah Sontek La Liga, Bos Bundesliga: Gelar Liga di Luar Negeri Tak Hormati Pemain

Editor: Nur Hidayat Said
Ogah Sontek La Liga, Bos Bundesliga: Gelar Liga di Luar Negeri Tak Hormati Pemain
Christian Seifert. (Foto Reuters)

RAKYATKU.COM, BERLIN - Bos Bundesliga Jerman, Christian Seifert, ogah menyontek La Liga Spanyol dengan menggelar pertandingan di luar negeri. Menurutnya, itu sama halnya tak menghormati suporter.

La Liga sebelumnya telah mencanangkan akan menggelar salah satu laganya di luar Spanyol. Salah satu negara yang dituju adalah Amerika Serikat.

La Liga belum memberikan rincian tentang kapan pertandingan pertama akan berlangsung, berapa banyak pertandingan per musim akan terlibat, bagaimana mereka akan dipilih, atau apakah itu akan menyebabkan hilangnya keuntungan tuan rumah bagi tim yang terlibat.

Akan tetapi, Bundesliga tak ingin melakukan hal serupa. Seifert selaku Kepala Eksekutif Bundesliga, mengatakan itu akan menjadi kurangnya rasa hormat.

"Kami tidak akan pernah memainkan pertandingan liga di luar Jerman," kata Seifert kepada wartawan dalam sebuah acara di Frankfurt dikutip Reuters.

"Itu adalah garis yang tidak akan kita lewati."

"Menurut pendapat saya, akan kurangnya rasa hormat dari para suporter dan para pemain untuk mengambil laga kejuaraan resmi di luar negeri. Ketika itu melibatkan poin yang pada akhirnya akan memutuskan promosi, degradasi, atau partisipasi dalam kompetisi internasional."

Persatuan pemain sepak bola Spanyol (AFE) telah melancarkan protes untuk melawan rencana La Liga. Salah satu langkah keras yang mereka ambil adakah aksi mogok.