Jumat, 31 Agustus 2018 19:07 WITA

VAR di Liga Champions, Presiden UEFA: Rencananya Musim Depan

Editor: Mulyadi Abdillah
VAR di Liga Champions, Presiden UEFA: Rencananya Musim Depan
Tenologi VAR saat Piala Dunia 2018

RAKYATKU.COM - UEFA baru bisa menerapkan penggunaan teknologi Video Assistant Referees (VAR) di Liga Champions mulai musim depan.

“Rencananya musim depan. VAR tidak sepenuhnya jelas untuk saat ini. Tetapi, kami juga tahu tidak ada jalan kembali lagi," ucap Presiden UEFA Aleksander Ceferin dilansir dari BBC, Jumat (31/8/2018).

Dijelaskan, penggunaan VAR untuk musim ini masih sangat sulit. "Kami benar-benar memiliki wilayah yang sangat besar. Rencananya adalah melakukannya untuk musim depan tetapi mari kita lihat apa yang terjadi. Saya tidak ingin memprediksi apapun 100%," paparnya.

Sistem VAR sudah diterapkan pada Piala Dunia 2018 Rusia. Teknologi ini digunakan wasit untuk meninjau rekaman dalam mengambil sebuah keputusan.

Ceferin berharap, VAR bisa diperkenalkan dari babak kualifikasi terakhir dan juga dalam pertandingan Supercup tahunan antara Liga Champions dan pemenang Liga Eropa.

Sejauh ini, Liga A Australia adalah liga papan atas pertama yang menggunakan sistem ini pada tahun 2017. Major League Soccer di Amerika akan segera menyusul.

Piala Carabao Inggris akan menggunakan VARs di semua pertandingan yang diadakan di Liga Premier pada musim ini.