Sabtu, 01 September 2018 07:30 WITA

Kalahkan Jepang, Jalur Khusus Son Bebas Wajib Militer

Editor: Nur Hidayat Said
Kalahkan Jepang, Jalur Khusus Son Bebas Wajib Militer
Son Heung-Min. (Foto: Sky Sports)

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Son Heung-Min selangkah lagi terhindar dari aturan wajib militer. Itu bila berhasil tim nasional Korea Selatan U-23 mengalahkan Jepang dan meraih medali emas Asian Games 2018.

Korea Selatan memang menerapkan wajib militer kepada setiap pria sehat secara fisik dan mental sejak usia 19 tahun hingga 35 tahun. Hukuman penjara sudah menunggu bagi menolak.

Mereka diberikan hak untuk menunda pelaksanaan wajib militer dengan berbagai alasan. Namun, bagi pria yang sudah berusia 27 tahun dilarang menunda kewajiban itu.

Kabar baiknya, pemerintah Korea Selatan juga memberikan jalur khusus bagi warga negara yang berprestasi di bidang olahraga. Peraih medali apapun di Olimpiade dan emas di Asian Games tak perlu mengikuti wajib militer.

Penggawa Tottenham Hotspur, Son Heung-Min, yang kini baru berusia 25 tahun punya kesempatan untuk menghindari kewajiban tersebut. Dengan catatan, ia wajib membawa Korea Selatan menjuarai Asian Games 2018.

loading...

Ini menjadi peluang terakhir Son menghindari wajib militer karena Olimpiade Tokyo 2020 tak berlaku untuknya karena sudah melewati usia 27 tahun sebagai batas akhir.

Korea Selatan akan menghadapi Jepang dan akan berlangsung di Stadion Pakansari, Sabtu (1/8/2018) pukul 19:30 Wita. 

"Kami sudah sangat dekat dengan emas dan kami akan berjuang untuk meraihnya. Saya tak perlu mengatakan apapun selain siap untuk meraih emas," kata Son seperti dikutip Guardian.

Sebelumnya, Korea Selatan lebih dahulu memastikan langkah ke final usai mengalahkan Vietnam 3-1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu (29/8/2018). Jepang kemudian menyusul usai menang 1-0 atas Uni Emirat Arab.

Loading...
Loading...