Minggu, 26 Agustus 2018 13:09 WITA

Gara-gara Messi dan Israel, Presiden PSSI-nya Palestina Dilarang ke Stadion 1 Tahun

Editor: Nur Hidayat Said
Gara-gara Messi dan Israel, Presiden PSSI-nya Palestina Dilarang ke Stadion 1 Tahun
Presiden Asosiasi Sepak Bola Palestina, Jibril Rajoub. (Foto: AFP)

RAKYATKU.COM - FIFA menjatuhkan hukuman kepada Presiden Asosiasi Sepak Bola Palestina, Jibril Rajoub, gara-gara komentarnya terkait Lionel Messi dan Israel. Rajoub dilarang mendatangi stadion selama 1 tahun ditambah denda USD20 ribu (Rp291 juta).

Dikutip Times of Israel, Rajoub diklaim sempat berkomentar mengajak fans sepak bola agar membakar kaus dan gambar Messi bila timnas Argentina melawan Israel pada Juni lalu sebelum Piala Dunia 2018.

"Skorsing pertandingan 12 bulan yang dikenakan pada Tuan Rajoub merupakan larangan mengambil bagian dalam pertandingan atau kompetisi di masa mendatang yang terjadi selama periode tersebut," kata FIFA dikutip Aljazeera.

"Akibatnya, Tuan Rajoub tidak akan dapat menghadiri pertandingan sepak bola atau kompetisi dalam kapasitas resmi, yang meliputi, antara lain, berpartisipasi dalam kegiatan media di stadion atau di sekitarnya pada hari pertandingan."

Hukuman kepada Rajoub membuat Asosiasi Sepak Bola Palestina berang. Dalam rilisnya, Federasi Sepak Bola Palestina menyebut hukuman FIFA berlebihan.

"Itu merupakan hukuman yang berat untuk tuduhan yang tidak terbukti," demikian pernyataan Asosiasi Sepak Bola Palestina.

Pada Juni lalu, Asosiasi Sepak Bola Palestina mendesak timnas Argentina membatalkan laga persahabatan melawan Israel yang sedianya berlangsung di Stadion Teddy, Kota Yerusalem.

Stadion Teddy dibangun di atas tanah warga Palestina yang digusur oleh pasukan Israel pada 1948. Laga persahabatan itu pada akhirnya dibatalkan.