Selasa, 14 Agustus 2018 18:41 WITA

Aturan Baru Piala Liga Inggris: Tak Perlu Lama-lama untuk Adu Penalti

Editor: Nur Hidayat Said
Aturan Baru Piala Liga Inggris: Tak Perlu Lama-lama untuk Adu Penalti

RAKYATKU.COM, LONDON - Piala Liga Inggris atau Carabao Cup kini punya aturan baru. Tak akan ada lagi perpanjangan waktu. Tim yang main imbang 90 menit, langsung adu penalti. Pengecualian untuk laga final.

Dilansir Express, aturan baru ini setelah mempertimbangkan faktor kelelahan yang dialami pemain. Selain itu, agar setiap tim menurunkan pemain terbaiknya, juga diputuskan menghilangkan laga replay.

"Menghapus tambahan waktu 30 menit secara langsung akan mengatasi masalah kelelahan yang terkadang terjadi pada laga tengah pekan yang berjalan lebih dari 90 menit," ungkap EFL.

Babak adu penalti akan dilakukan dengan sistem lama yakni ABAB (atau bergantian), bukan modifikasi baru yang sebelumnya sempat disetujui, ABBA.

Aturan lainnya, kartu kuning yang didapat pada Piala Liga Inggris, tak akan berpengaruh suspensi ke Premier League karena hal ini atau kompetisi domestik di Inggris lainnya.

VAR juga mulai diaktifkan sepanjang turnamen. Setelah pada tahun lalu, aturan ini baru aktif pada laga semifinal dan final.