Jumat, 10 Agustus 2018 00:30 WITA

Fakta Menarik Kepa Arrizabalaga, Si Kiper Termahal Dunia

Editor: Nur Hidayat Said
Fakta Menarik Kepa Arrizabalaga, Si Kiper Termahal Dunia
Kepa Arrizabalaga. (Foto: CFC)

RAKYATKU.COM, LONDON - Kepa Arrizabalaga jadi kiper termahal di dunia setelah ditransfer Chelsea dari Athletic Bilbao.

Chelsea memberikan status tersebut pada penjaga gawang 23 tahun itu setelah menebusnya dari Athletic Bilbao dengan harga 80 juta euro (sekitar Rp 1,3 triliun).

Kepa yang jadi bagian tim nasional Spanyol pada Piala Dunia 2018 lalu, akan memulai debutnya di Chelsea pada laga perdana Premier League.

Berikut fakta menarik Kepa Arrizabalaga dirangkum dari berbagai sumber: 

-Kepa Arrizabalaga diikat kontrak tujuh tahun. Dengan harga Rp1,3 triliun, Kepa jadi kiper termahal di dunia, menggusur Alisson Becker yang dibeli Liverpool bulan lalu. 

-Merupakan produk asli binaan Athletic Bilbao. Kepa baru dua musim menjadi kiper utama tim tersebut. Sebelumnya, ia sempat menjalani masa pinjaman di Ponferradina dan Valladolid.

-Mencatat total 99 penyelamatan sepanjang La Liga 2017/2018.

-Dalam duel lawan Real Madrid pada April 2018, ia membuat sembilan penyelamatan sepanjang laga berlangsung. Jumlah itu merupakan catatan penyelamatan terbanyak bagi dirinya dalam satu laga.

-Perbandingan penyelamatan antara Kepa Arrizabalaga dengan Thibaut Courtois di liga domestik musim lalu terbilang seimbang. Arrizabalaga mencatat presentase penyelamatan 70,1 persen dari ancaman yang datang sedangkan Thibaut Courtois mencatat 70,2 persen. Namun, Kepa hanya membukukan 7 clean sheet, berbeda jauh dari Courtois yang mencatat 15 clean sheet.