Selasa, 07 Agustus 2018 13:18 WITA

Suporter ke Pelatih PSM: Jangan Bergantung kepada Pluim

Penulis: Wahyu Susanto S
Editor: Mulyadi Abdillah
Suporter ke Pelatih PSM: Jangan Bergantung kepada Pluim
Wiljan Pluim

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PSM Makassar disarankan mengubah strategi kala berhadapan dengan Persela Lamongan dalam laga lanjutan Liga 1, pada Jumat (10/8/2018).

Tengok saja pada pertemuan kedua tim di Makassar, (6/4/2018) lalu. Juku Eja harus menelan kekalahan 2-3 dari Laskar Joko Tingkir setelah pergerakan Willem Jan Pluim dimatikan.

Hal itu juga diakui Aji Santoso kala itu. Menurutnya, Pluim harus dimatikan lantaran roh serangan PSM ada pada pemain asal Belanda itu.

Pentolan suporter The Maczman, Andi Syam Paswah mengatakan, penting bagi pelatih PSM Makassar, Robert Alberts tidak memusatkan serangan kepada Pluim. Sebab sejauh ini, strategi yang diterapkan hanya itu-itu saja, dengan memusatkan serangan melalui Willem Jan Pluim.

"Setiap Pluim dimainkan, selalu saja serangan didesain dari kakinya. Sehingga andai dia dimatikan lawan, maka serangan akan pincang dan aliran bola ke depan terputus di tengah," ujarnya, Selasa (7/8/2018).

Bahkan menurutnya, jika Pluim tak dimainkan serangan malah lebih produktif, dan serangan yang dibangun lebih bervariasi. 

"Dan andai Pluim absen, justru serangan akan terbangun dari lini perlini sehingga setiap pemain terlihat berkontribusi," ungkap pria yang akrab disapa Coklat.

Iapun menambahkan, ada baiknya jika Robert mencari alternatif lain terutama saat Pluim dimatikan. "Jadi jangan ada terkesan ada pemain kunci di skuad agar strategi tidak terbaca," harapnya.