Rabu, 25 Juli 2018 15:32 WITA

Liverpool Menggila di Bursa Transfer, Juventus Lebih Gila Lagi

Editor: Nur Hidayat Said
Liverpool Menggila di Bursa Transfer, Juventus Lebih Gila Lagi
Cristiano Ronaldo jadi pembelian termahal Juventus musim ini. Sekaligus termahal di Serie A.

RAKYATKU.COM - Di Premier League, Liverpool menjadi klub yang paling gila membelanjakan uang demi mendatangkan pemain incaran. Ada Juventus di Serie A yang lebih gila lagi. 

Dilansir AS, Juventus menghabiskan sekitar 212,9 juta euro untuk membeli pemain pada bursa transfer musim panas saat ini; Cristiano Ronaldo, Joao Cancelo, Douglas Costa, dan Mattia Perin.

Sementara itu, Liverpool dengan 182 juta euro telah mendatangkan Xherdan Shaqiri, Fabinho, Naby Keita, dan Alisson Becker yang jadi kiper termahal dunia.

Khusus di Serie A, AS Roma membuntuti Juventus dengan angka belanja pemain mencapai 133,4 euro juta yang di antaranya mendatangkan Javier Pastore dan Justin Kluivert).

Sementara itu di Ligue 1, ada Paris Saint-Germain yang baru membelanjakan 135 juta euro untuk pembelian Kylian Mbappe usai dipinjam selama satu musim dari AS Monaco. 

Belanja gila Juventus di bursa transfer kali ini secara tidak langsung mengangkat nama Serie A. Dalam satu dekade terakhir level elite di Serie A ini seperti tertidur dari bursa transfer.

Padahal pada era 1980-an klub-klub Italia kerap mendominasi bursa transfer dengan aktivitas dari Inter Milan dan AC Milan. Lalu pada dekade 1990-an giliran AC Milan dan Juventus.

Dalam 10 tahun terakhir, Premier League dan La Liga menjadi yang paling aktif di bursa transfer pemain. Pada musim ini, Premier League sudah membelanjakan sekitar 935 juta euro untuk membeli pemain baru.

Itu menjadi catatan yang paling tinggi untuk satu kompetisi di jendela transfer musim panas ini. Sedangkan Liga Italia berada di bawahnya dengan pengeluaran 875 juta euro.