Kamis, 19 Juli 2018 15:19 WITA

Pelatih Kroasia Bisa Saja Nakhodai Brasil atau Barcelona

Editor: Nur Hidayat Said
Pelatih Kroasia Bisa Saja Nakhodai Brasil atau Barcelona
Zlatko Dalic. (Sumber Foto: Marca)

RAKYATKU.COM, ZAGREB - Pelatih tim nasional Kroasia, Zlatko Dalic, mengaku bisa saja melatih Brasil atau Barcelona. Akan tetapi, ia lebih memilih tetap menakhodai Kroasia.

Kroasia mencetak sejarah sepanjang sejarah timnas mereka usai menembus final Piala Dunia 2018. Itu adalah pencapaian tertinggi meski harus menyerah 2-4 dari Prancis di laga pemungkas.

Capaian itu pun mendapat apresiasi tinggi dari rakyat Kroasia. Saat pulang dari Rusia, jajaran tim disambut meraih pendukung di jalanan Kota Zagreb.

Dalam sambutannya, Dalic menyampaikan pesan emosional. "Saya bisa menjadi pelatih Brasil atau Barcelona, tetapi ini akan selalu menjadi pekerjaan favorit, memimpin timnas Kroasia," ujar Dalic dikutip Sportskeeda.

"Ada kesedihan karena kami seharusnya memenangi trofi, tetapi bila seseorang menawari saya untuk berada di final sebelum Piala Dunia, kami semua telah mengambil itu."

Sebagai pelatih, membawa Kroasia ke final Piala Dunia adalah capaian tertingginya. Sebelumnya, ia merupakan pelatih yang membawa raksasa Uni Emirat Arab Al Ain berada di final Liga Champions Asia 2016.

Dalic kemudian menggantikan Ante Cacic pada Oktober 2017 saat Kroasia harus berjuang keras demi lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Pelatih kelahiran Yugoslavia ini akhirnya membawa Kroasia ke Rusia setelah mengalahkan Yunani di babak play off.