Kamis, 19 Juli 2018 13:19 WITA

PSM Tanggapi PT LIB soal Lampu Stadion: Itu Data Lama

Editor: Mulyadi Abdillah
PSM Tanggapi PT LIB soal Lampu Stadion: Itu Data Lama
Manajemen PSM menambah lampu yang dipasang di beberapa titik Stadion Andi Mattalatta.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Secara terang-terangan PT LIB membeberkan daftar kapasitas lampu stadion yang digunakan setiap klub peserta Liga 1 per Juli 2018. Hasilnya, terdapat tiga stadion yang berada di bawah standar sesuai patokan PT LIB, yakni di bawah 800 Lux.

Ketiga stadion tersebut, yakni Stadion Andi Matalatta dengan 603 Lux, Stadion Segiri Samarinda 482 Lux dan Stadion Marora Serui, sebesar 315 Lux. Hal itupun memaksa ketiga klub yang menggunakan masing-masing stadion wajib berlaga di luar sembari melakukan penambahan kapasitas lampu.

Pihak PSM Makassar sendiri, melalui Koordinator Tiket laga kandang PSM, Asisten Jarre menanggapi, data yang dikeluarkan PT LIB itu belum termasuk dengan lampu yang sementara ini dilakukan penambahan.

"Itu daftar lama, atau sebelum penambahan 40 pcs. Terus ini ada penambahan lagi 8 pcs yang besar sementara on progres dipasang di tower," ungkapnya saat dikonfirmasi Rakyatku.com, Kamis (19/7/2018).

Ia menjelaskan, sebanyak 40 pcs lampu tersebut yang berjenis LID untuk sementara telah terpasang di berbagai titik di stadion. Yakni 20 diantaranya dipasang di atap tribun utama stadion, dan lima terpasang dimasing-masing tawar lampu stadion dengan total yang terpasang ditawar sejumlah 20 pcs.

Hanya saja, meski telah terpasang belum bisa dilakukan percobaan untuk dinyalakan. Sebab, masih ada beberapa penyetelan yang ingin dilakukan agar titik fokus lampu bisa maksimal saat dinyalakan.

"Lampunya kita itu sebenarnya sudah memenuhi. Tinggal mau diarahkan fokus ke tengah lapangan. Karena posisi tower memang tidak mengarah ke lapangan. Jadi sementara dibutuhkan dudukan biar lampu lamanya juga mengarah ketengah lapangan," jelasnya.

Sehingga jika penyetelan lampu telah dilaksanakan, rencananya dalam waktu dekat bakal dilakukan uji coba penerangan. "Rencananya Minggu depan mau tes nyala lagi. Jadi kalau sudah fix, baru kita panggil lagi dari pihak PT LIB (Tim Verifikasi)," pungkasnya.

Sejauh ini, akibat belum lolosnya PSM Makassar dari verifikasi stadion membuat mereka harus berlaga di luar markas. Yakni dengan menjamu Bhayangkara FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali, pada (15/7/2018) lalu.