Rabu, 18 Juli 2018 14:35 WITA

PSM Makassar Diminta Tetap Solid di Putaran Kedua

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
PSM Makassar Diminta Tetap Solid di Putaran Kedua
PSM Makassar bersua Bhayangkara FC beberapa hari lalu.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menjadi tim pemuncak klasemen sementara Liga 1 2018 di putaran pertama membuat PSM Makassar kembali membuktikan kapasitasnya pada musim ini.

Pencapaian tim besutan Robert Alberts selama paruh musim sebenarnya tidaklah mudah. Butuh tujuh kemenangan di kandang (1 laga kandang luar Makassar), empat kali kalah (1 kalah di kandang dan tiga di luar kandang) dan empat kali imbang di partai tandang dengan melawan tim kuat semisal Persija Jakarta, Persipura Jayapura, Sriwijaya FC dan Arema FC.

Dengan hasil tersebut, Pengamat Sepakbola Sulsel, Syamsuddin Umar, berharap PSM Makassar tetap solit. "Kita lihat putaran pertama musim ini cukup baik materinya. Saya kira kalau PSM tetap solit, akan baik untuk menjalani putaran kedua," ungkapnya, Rabu (18/7/2018).

Jika mengarah keputaran kedua, Zulkifli Syukur cs akan lebih banyak menjalani debut di kandang dengan melawan tim kuat. Seperti Persipura Jayapura, Sriwijaya FC, Arema FC, Persija Jakarta, Bali United, Persib Bandung, hingga Barito Putera. 

Kondisi inipun harus dimanfaatkan Pasukan Ramang dalam menghadapi putaran kedua. Namun menurut Syamsuddin yang juga mantan pelatih PSM Makassar ini, harus ada pembenahan terutama di posisi wingger

"Lini tengah sudah sangat kuat, apalagi lini belakang. Cuman wingger saja yang perlu diperbaiki. Kalau saya lihat, butuh wingger yang mempuni dalam skil individual. Paling tidak wingger kita bisa melewati pemain dan memberi umpan kedepan," jelasnya.

Namun soal kandang PSM Makassar yang belum ada kejelasan, menurutnya itu tidak akan jadi masalah. Sebab melawan Bhayangkara FC, PSM bisa meraih kemenangan dengan semangat yang baik.

Akan tetapi, jelas PSM mengalami kerugian akibat harus bermain diluar kandang. Di mana tak ada dukungan penuh dari suporter maupun warga Kota Makassar.

"Makanya, putaran kedua ini harus lebih solit. Karena kan kita belum tahu kandangnya PSM seperti apa nantinya. Sebenarnya saya tidak mau mengomentari soal ini (Kandang PSM). Tapi saya harap bisa kembali main di Makassar," harap Syamsuddin Umar.