Senin, 16 Juli 2018 14:38 WITA

Top Skor Piala Dunia: Gol Bunuh Diri, Baru Harry Kane

Editor: Nur Hidayat Said
Top Skor Piala Dunia: Gol Bunuh Diri, Baru Harry Kane
Proses gol striker Kroasia, Mario Mandzukic, ke gawangnya sendiri saat melawan Prancis. (Sumber Foto: The Sun)

RAKYATKU.COM, MOSKOW - Striker tim nasional Inggris, Harry Kane, si penyandang top skor mencetak enam gol selama gelaran Piala Dunia 2018. Namun, itu hanya setengah dari jumlah gol bunuh diri yang tercipta.

Gelaran sepak bola akbar di Rusia usai sudah setelah Prancis keluar sebagai juara 
dengan mengalahkan Kroasia 4-2 di Luzhniki Stadium, Minggu malam Wita (15/7/2018). Gol pembuka pada laga ini lahir dari lewat gol bunuh diri Mario Mandzukic.

Gol bunuh diri striker Kroasis itu jadi yang ke-12 selama Piala Dunia 2018. Sebelumnya, gol bunuh diri paling banyak terjadi pada Piala Dunia 1998 dengan lima gol. Kala itu Les Bleus juga keluar sebagai juara.

Maroko jadi tim pertama yang mendapat keuntungan gol bunuh diri saat melawan Iran. Aziz Bouhaddouz menyundul bola ke gawangnya sendiri pada masa injury time. Maroko menang 1-0.

Aziz Behich, Oghenekaro Etebo, Thiago Cionek, Ahmed Fathi, Denis Cheryshev, Edson Alvarez, Yann Sommer, Yassine Meriah, Sergei Ignashevich, Fernandinho, dan Mandzukic secara berurutan menyusul selanjutnya.

Dari total 12 gol bunuh diri, Prancis menjadi tim yang paling banyak dapat keuntungan. Les Bleus mendapat dua gol bunuh diri dari lawannya, yakni Australia dan Kroasia.

Sementara itu, Mandzukic menjadi pemain pertama yang mencetak gol bunuh diri di laga final. Ia juga menjadi pemain Kroasia pertama yang mencetak gol bunuh diri.