Senin, 16 Juli 2018 00:55 WITA

Kalahkan Kroasia, Prancis Juara Piala Dunia 2018

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Kalahkan Kroasia, Prancis Juara Piala Dunia 2018
Foto: Reuters.

RAKYATKU.COM - Timnas Prancis keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 usai mempermalukan Kroasia 4-2 pada partai final di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7/2018).

Gol Prancis masing-masing dicetak oleh Antoine Griezmann, Paul Pogba dan Kylian Mbappe. Sementara dua gol Kroasia dicetak Ivan Perisic dan Mario Mandzukic.

Sejak kikc off babak pertama dimulai, kedua tim bermain sangat hati-hati. Namun serangan agresif beberapa kali diperlihatkan Kroasia. Bahkan, sejumlah pemain Prancis, terutama di belakang, kerap melakukan kesalahan.

Namun petakan datang untuk Kroasia pada menit 19. Mandzukic yang berusaha membuang bola hasil tendangan bebas Antoine Griezmann, tapi justru bola bersarang ke pojok kanan gawang Kroasia. Prancis unggul 1-0 lewat gol bunuh diri Mario Mandzukic.

Namun beberapa menit kemudian, Kroasia menyamakan kedudukan lewat Ivan Perisic pada menit ke-28. Gol berawal dari tendangan bebas Luka Modric ke Sime Vrsaljko di sisi kiri pertahanan Prancis. Vrsaljko kemudian mengirim umpan sundulan ke kotak penalti Prancis.

Pada menit ke 34, pemain Kroasia Ivan Perisic melakukan handball. Wasit pun menunjuk titik putih. Antoine Griezmann yang menjadi algojo sukses membawa Prancis unggul 2-1 atas Kroasia lewat penalti pada menit ke-38. Skor 2-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Kroasi langsung tampil menekan. Pada menit 47, Ante Rebic melepaskan tendangan keras namun berhasil dihalau kiper Prancis, Hugo Lloris.

Keasyikan menyerang, gawang Kroasi kembali kebobolan. Pogba membawa Prancis unggul 3-1 atas Kroasia pada menit ke-59.

Berawal dari pergerakan Kylian Mbappe di sisi kiri pertahanan Kroasia, pemain Paris Saint-Germain itu mengirim umpan ke Antoine Griezmann. Griezmann lalu menyodorkan bola kepada Pogba yang tendangan pertamanya berhasil diblok lini pertahanan Kroasia.

Usaha kedua Pogba kemudian membuahkan hasil. Melepaskan tendangan kaki kiri ke pojok kanan gawang, bola hasil tendangan Pogba tidak mampu dihentikan Danijel Subasic.

Beberapa menit kemudian, Kylian Mbappe membawa Prancis unggul 4-1 atas Kroasia lewat gol pada menit ke-65.

Lucas Hernandez melakukan drive impresif di sisi kiri dan mengirim umpan ke tengah lapangan. Mbappe di bawah penjagaan Domagoj Vida melepaskan tendangan keras mendatar ke pojok kiri gawang. 4-1 untuk Prancis.

Pada menit ke-69, sebuah blunder Hugo Lloris berujung gol Mario Mandzukic. Berawal dari back pass yang dilakukan Samuel Umtiti, Lloris yang bermaksud mengembalikan bola ke Umtiti, tapi Mandzukic berhasil menahan bola dan menceploskannya ke gawang Prancis.

Memasuki menit-menit akhir pertandingan, Kroasia terus melancarkan serangan. Namun rapatnya pertahanan Prancis membuat skor 4-2 bertahan hingga laga usai. Dengan hasil tersebut, Prancis keluar sebagai juara Piala Dunia 2018.