Sabtu, 14 Juli 2018 06:44 WITA

Lolos Tes Medis, Xherdan Shaqiri Resmi Gabung Liverpool dengan Banderol Rp245 Miliar 

Editor: Abu Asyraf
Lolos Tes Medis, Xherdan Shaqiri Resmi Gabung Liverpool dengan Banderol Rp245 Miliar 
Xherdan Shaqiri

RAKYATKU.COM - Bintang Swiss Xherdan Shaqiri akhirnya resmi bergabung Liverpool. Liverpool setuju menebus Shaqiri dari Stoke City dengan banderol £13 juta atau setara Rp245 miliar. 

Tha Reds belum mengumumkan durasi kontrak Shaqiri, namun hanya menuliskan perjanjian jangka panjang. Gelandang internasional Swiss tersebut jadi pembelian ketiga The Reds musim panas ini setelah sebelumnya mendapatkan Naby Keita dan Fabinho.

"Saya sangat senang berada di sini. Liverpool adalah klub besar dengan sejarah besar, pemain hebat dan dipimpin pelatih luar biasa. Saya sangat bersyukur dan senang berada di sini," kata Shaqiri dalam laman resmi klub.

Karier Shaqiri sempat meroket setelah gabung Bayern Munchen pada 2012. Tiga tahun kemudian ia mencoba peruntungan ke Liga Italia bersama Inter Milan, namun kariernya mandek.

Jebolan FC Basel itu kemudian menerima pinangan Stoke City pada 2015. Akan tetapi ia memutuskan hengkang setelah Stoke terdegradasi dari Liga Primer Inggris.

Shaqiri sebenarnya hampir gabung Liverpool sejak 2014 yang kemudian dilatih Brendan Rodgers. Namun, nasib belum membawanya untuk tiba lebih awal di Anfield hingga akhirnya baru berjodoh empat tahun kemudian.

"Sebagai pemain, tentu Anda selalu ingin berada di panggung terbesar. Beberapa tahun lalu saya ingin pindah ke Liverpool tapi tidak terjadi. Saya sangat senang bahwa sekarang bisa berada di sini."

"Saya juga ingin mengembangkan diri saya bersama pemain terbaik dan bisa meraih gelar. Untuk itulah saya berada di sini," terangnya.

Shaqiri tampil impresif bersama Swiss di Piala Dunia 2018. Golnya di menit akhir saat melawan Serbia berhasil mengantar Swiss lolos ke babak 16 besar. Sayang, A-Team Nati gagal melangkah lebih jauh setelah dikalahkan Swedia 0-1.

Sebelumnya, menjalani tes medis pada Jumat (13/7) pagi pukul 09.00 waktu setempat. Shaqiri rela memotong masa liburannya segera menuju ke Liverpool menjalani tes medis.

Transfer Shaqiri ke Liverpool akan menjadi pembelian ketiga bagi Juergen Klopp di awal musim ini. Sebelumnya, The Reds sudah mendapatkan gelandang Fabinho dan Naby Keita.

Sejak bergabung bersama Stoke pada 2015, sang pemain sudah membukukan 15 gol dari 84 penampilan di Liga Inggris. Shaqiri memang sempat mengakui bakal segera hengkang dari Stoke setelah klub tersebut terdegradasi dari Liga Primer Inggris.